Sukses

Inilah 7 Aroma yang Baik untuk Kesehatan Anda

Inilah beberapa aroma yang bisa membuat kesehatan tubuh Anda semakin baik.

Klikdokter.com, Jakarta Terdapat beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena respons penciuman terkait langsung dengan pusat emosi di otak.

Tidak hanya menggugah rasa, terkadang aroma juga mengingatkan Anda dengan pengalaman di masa lalu. Akan tetapi, selain mendorong daya ingat, aroma tertentu juga bisa membantu Anda mengurangi sakit kepala hingga stres.

Berikut ini adalah 7 aroma yang baik untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Aroma lavender

Lavender dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran dengan seketika. Manfaat terbesarnya sangat berguna, terutama bagi mereka yang menderita gangguan tidur alias insomnia. Hal ini dibuktikan pada sebuah studi yang mendapatkan hasil bahwa wangi lavender dapat secara efektif mengurangi masalah tidur dan depresi.

2. Aroma kayu manis

Para periset dari Wheeling Jesuit University mengungkapkan, kayu manis mampu meningkatkan kekuatan otak. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang sering mencium aroma kayu manis mengalami peningkatan fungsi kognitif, seperti respons visual, memori, dan konsentrasi.

3. Aroma pinus

Menurut sebuah penelitian, aroma pinus bisa mengurangi kecemasan yang Anda alami. Dalam satu studi di Jepang, peserta yang berjalan-jalan melalui hutan pinus melaporkan tingkat depresi dan stres yang jauh lebih rendah. Penelitian juga menemukan bahwa orang yang sering cemas memiliki perasaan ‘relaks’ yang lebih besar setelah memanjakan diri dengan aroma pinus.

4. Aroma rumput

Anda mungkin berpikir bahwa memotong rumput adalah tugas yang menyebalkan. Tapi tahukah Anda bahwa aroma segar yang ditimbulkan rumput bisa membuat menumbuhkan rasa bahagia di dalam diri?

Sebuah penelitian menemukan, rumput yang baru dipangkas mengeluarkan senyawa kimia yang mampu menimbulkan perasaan relaks. Lebih jauh, aroma ini juga dipercaya dapat mencegah penurunan mental saat Anda bertambah tua.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Aroma jeruk

Saat merasa tidak bersemangat, Anda bisa mencoba mengonsumsi jeruk. Tidak hanya terkenal dengan kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan, jeruk juga mengandung aroma yang dapat membantu meningkatkan energi dan tingkat kewaspadaan Anda.

6. Aroma peppermint

Selain membuat napas lebih wangi, peppermint juga bisa meningkatkan fungsi otak Anda. Sebuah studi kecil dari Wheeling Jesuit University menemukan bahwa aroma peppermint dikaitkan dengan peningkatkan fungsi kognitif, motivasi dan kinerja yang lebih baik. Sedangkan pada penelitian lain, aroma peppermint disebutkan dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat.

7. Aroma melati

Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan bahwa aroma melati tidak hanya menciptakan rasa kewaspadaan, namun juga dapat mengurangi perasaan depresi. Periset menemukan bahwa efek stimulasi minyak melati dapat membantu menghilangkan depresi, serta dapat memperbaiki mood hingga menenangkan suasana hati.

Nah, itulah aroma-aroma yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Mana yang jadi favorit Anda? Tetap ingat untuk menghirup secukupnya saja, ya!

[NB/ RVS]

1 Komentar