Sukses

Fakta Mengapa Telur Bermanfaat bagi Kesehatan Anda

Nutrisi yang terkandung di dalam sebutir telur bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Mengonsumsi telur merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memberikan dorongan bagi kesehatan. Tak hanya kaya akan vitamin, telur juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya.

Dikutip dari besthealthmag, berikut ini adalah fakta mengapa Anda memang perlu mengonsumsi telur:

1. Kaya akan vitamin

Dengan mengonsumsi telur, banyak manfaat vitamin yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin B2 (riboflavin) dalam terlur bermanfaat membantu tubuh Anda memecah makanan menjadi energi.  Vitamin B12 (cobalamin) penting untuk memproduksi sel darah merah, dan vitamin A (retinol)  bermanfaat untuk penglihatan. Sedangkan vitamin E (tocopherol) berguna melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan sel yang dapat menyebabkan kanker.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rochester Center for Obesity Research menemukan bahwa, mengonsumsi telur saat sarapan dapat membantu membatasi asupan kalori (tidak lebih dari 400 kalori) sepanjang hari.

Tak hanya itu telur membuat kenyang lebih lama sehingga cenderung membuat Anda untuk tidak mengonsumsi camilan pada pagi atau siang hari.

3. Mengandung mineral penting

Telur mengandung  zat besi, seng dan fosfor, mineral yang sangat penting bagi tubuh Anda. Zat besi sangat dibutuhkan oleh wanita saat haid, karena jika zat ini tidak terpenuhi maka hal ini bisa menyebabkan wanita mudah lelah dan marah.

Sementara itu, seng menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Sedangkan, fosfor penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Telur juga mengandung sejumlah unsur pelarut  seperti yodium yang diperlukan untuk membuat hormon tiroid. Sementara selenium, antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Protein

Satu butir telur mengandung 70 sampai 85 kalori dan sekitar 6,5 gram protein. Itu berarti tiga butir telur (210 sampai 255 kalori) menyediakan 19,5 gram protein. Rata-rata kebutuhan wanita sekitar 50 gram sehari, jadi dengan konsumsi tiga butir saja bisa dibayangkan hampir setengah dari asupan protein harian Anda bisa terpenuhi.

5. Mencegah kanker payudara

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa mengonsumsi telur saat anak-anak bisa membantu mencegah kanker payudara saat dewasa. Pada tahun 2005, penelitian lain juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya enam telur per minggu memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena kanker payudara ketimbang wanita yang hanya makan dua atau lebih sedikit telur setiap minggu.

Sementara penelitian dari University of North Carolina mengungkapkan, bahwa kolin yang terdapat pada kuning telur dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 24 persen. Kuning telur mengandung 125,5 miligram kolin hampir sekitar seperempat asupan harian yang direkomendasikan. 

Itulah alasan kuat bahwa Anda perlu mengonsumsi telur setiap hari, untuk menunjang kebutuhan protein di tubuh Anda. Tak hanya itu, jika dikonsumsi dalam batas yang aman telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan makanan sehat dan seimbang.

[DA/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar