Sukses

Kenali 5 Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Munculnya rasa pusing saat bangun tidur sangatlah mengganggu. Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering merasa pusing saat bangun tidur? Jangan sepelekan kondisi ini. Bisa jadi rasa pusing tersebut adalah pertanda timbulnya suatu penyakit.

Dengan mengenali penyebab pusing yang Anda rasakan saat bangun tidur, Anda bisa mencegah kondisi yang lebih serius, sejak dini.  Berikut ini adalah penyebab pusing saat bangun tidur:

  • Hipotensi atau darah rendah

Dalam posisi tidur, duduk dan berdiri, tekanan darah kita berbeda-beda. Oleh karena itu, bangun secara tiba-tiba dari tidur yang lama dapat menyebabkan tekanan darah menurun drastis secara cepat.

Inilah yang menimbulkan kepala Anda pusing dan pandangan menjadi gelap.  Kondisi ini dikenal dalam dunia medis sebagai hipotensi ortostatik.

  • Kurang zat besi dan anemia

Rendahnya kadar zat besi dan hemoglobin dalam tubuh Anda menyebabkan sel-sel kekurangan oksigen selama tidur. Sehingga, tidak heran ketika bangun tidur, Anda dapat mengalami pusing.

  • Dehidrasi

Dehidrasi yang terjadi akibat kurangnya asupan cairan atau terlalu lama berada di lingkungan panas, dapat menyebabkan gejala pusing hingga pingsan, terlebih lagi saat bangun tidur.

  • Hipoglikemi

Hipoglikemi adalah kondisi dimana level gula darah Anda berada dibawah normal. Orang dengan kondisi ini dapat mengeluhkan pusing saat bangun tidur disertai keringat dingin dan perasaan gelisah.

  • Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

Orang biasa menamai penyakit ini dengan nama vertigo atau pusing berputar. Kondisi ini dicetuskan oleh perubahan posisi kepala yang mendadak, misalnya saat bangun tidur.

Pusing saat bangun tidur pada sebagian orang bisa sangat mengganggu. Cegahlah kondisi ini dengan melakukan beberapa kiat di bawah ini:

  • Saat bangun tidur, duduklah terlebih dahulu di tepi ranjang selama 5-10 menit sebelum berdiri atau berjalan.
  • Konsumsi air putih 2 gelas sebelum tidur.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur serta daging.
  • Rutin olahraga minimal 2 kali seminggu (Anda dapat mencoba  mulai dari olahraga yoga).
  • Jika Anda penderita diabetes, lakukan kontrol kadar gula darah secara rutin dan makan teratur sesuai anjuran dokter.

Penyebab pusing bisa bermacam-macam. Jika pusing yang Anda rasakan saat bangun tidur sangat mengganggu dan tak kunjung sembuh meski sudah melakukan kiat di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar