Sukses

Berapa Lama Sebaiknya Bayi Tidur dalam Sehari?

Waktu tidur yang cukup merupakan kunci untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar bayi. Aktivitas ini memiliki peran penting dalam mendukung fungsi daya tahan tubuh, metabolisme, memori, proses belajar, dan fungsi tubuh lainnya. Berbagai studi ilmiah telah membuktikan bahwa anak yang cukup tidur akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, kemampuan belajar, dan prestasi yang baik pula.

Bayi umumnya memiliki waktu tidur lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Bayi baru lahir, contohnya, dapat tidur 17-20 jam setiap hari. Jumlah tersebut termasuk tidur malam dan siang. Bayi memang lebih mudah tertidur. Tetapi biasanya ia tidak akan tidur lebih dari 3 jam, karena harus bangun untuk menyusu. Seiring bertambahnya usia, jumlah waktu tidur tersebut akan berkurang.

Lamanya waktu tidur tiap bayi memang bervariasi tergantung pada masing-masing individu. Namun, secara umum American Academy of Pediatrics dan American Academy of Sleep Medicine mengeluarkan panduan mengenai rentang waktu tidur yang diperlukan oleh seorang anak berdasarkan kelompok usianya yaitu:

  • Usia 0-1 bulan       : 17-20 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • Usia 1-3 bulan       : 14-17 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • Usia 4-12 bulan     : 12-16 jam per hari (termasuk 2-3 kali tidur siang)
  • Usia 1-2 tahun      : 11-14 jam per hari (termasuk 1-2 kali tidur siang)
  • Usia 3-5 tahun      : 10-13 jam per hari (termasuk 1 kali tidur siang)

Orang tua perlu menetapkan jam tidur yang tepat, misalnya, pukul 19.30 si Kecil sudah ada di kamar tidur, dan menidurkannya saat masih setengah mengantuk. Bila hal ini dibiasakan terus, anak akan memiliki kebiasaan tidur yang baik, dan mendapatkan tidur berkualitas.

Selain mengetahui jumlah waktu tidur anak, ada tiga hal lain yang juga perlu diketahui orang tua mengenai masalah tidur si Kecil. Tiga hal tersebut yaitu sleep routine seperti sikat gigi, memadamkan lampu, dan berdoa sebelum tidur.

Jadi jangan menganggap sepele aktivitas tidur bayi. Menetapkan kebiasaan tidur yang baik, serta mengetahui jumlah waktu tidur yang cukup, akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar