Sukses

Nikmati Beragam Manfaat Sushi untuk Kesehatan

Tidak hanya lezat, faktanya sushi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Sushi adalah makanan khas Jepang yang cukup terkenal dan menjadi menu favorit kebanyakan orang. Terdapat beberapa jenis sushi, tapi umumnya sushi tersusun dari nasi yang digulung bersama ikan, yang kemudian dilapisi rumput laut kering atau nori.

Susunan pada sushi bisa bervariasi, misalnya nasi yang berupa nasi cuka atau nasi merah, ikan mentah atau matang, dan tambahan saus atau remah tempura.

Anda termasuk pecinta sushi? Berbahagialah. Karena selain lezat, sushi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tak hanya lidah Anda yang dimanjakan, tetapi juga organ-organ tubuh lainnya. Berikut beberapa manfaat sushi bagi kesehatan:

1 dari 5 halaman

1. Sumber Protein dan Omega-3

Sushi merupakan sumber protein yang baik. Jika dikonsumsi secara rutin, makanan khas Jepang ini dapat membantu memperbaiki kerusakan otot.

Selain itu, omega-3 yang terkandung di dalamnya menjadikan manfaat sushi baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, sushi dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Doyan Sushi? Ini Menu yang Paling Sehat

2. Antiradang

Manfaat sushi berikutnya adalah memiliki efek antiradang. Khasiat ini diperoleh dari wasabi yang digunakan sebagai ‘teman makan’ sushi.

Pada sebagian besar menu sushi, penggunaan wasabi merupakan hal yang lazim sebagai penambah uniknya rasa sushi. Wasabi merupakan pasta seperti sambal yang terbuat dari tanaman Eutrema japonicum.

Wasabi kaya akan beta-karoten, glukosinolat, dan isotiosianat yang memiliki manfaat antibakteri, antiradang, dan membantu memperkecil risiko kanker.

2 dari 5 halaman

3. Kaya Mineral

Dalam tradisi makan sushi, acar jahe digunakan sebagai pembersih mulut yang menyegarkan di setiap suapan sushi. Hidangan pencuci mulut inilah yang menjadikan manfaat sushi bagi kesehatan cukup banyak.

Jahe sudah terkenal sebagai herbal dengan berbagai manfaat sejak dulu. Jahe kaya akan kalium dan magnesium, serta dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sushi?

4. Mengandung Serat

Rumput laut kering atau nori yang digunakan pada sushi memang hanya sedikit. Namun di balik itu, makanan ini menyimpan segudang nutrisi hingga sering disebut sebagai superfood.

Selain kaya akan berbagai mineral (seperti kalsium, besi, iodin, serta vitamin A, C, dan E), rumput laut juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menunda lapar.

3 dari 5 halaman

5. Sumber Potasium

Salah satu manfaat sushi lainnya adalah sebagai sumber potasium. Kandungan potasium pada sushi ini berasal dari ikan salmon yang ternyata mengandung potasium lebih banyak ketimbang pisang.

Potasium dipercaya baik untuk mengontrol tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat sushi bagi kesehatan tulang terletak pada kandungan kalsium dalam ikan. Ikan merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Mengonsumsi sushi secara rutin bisa mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan rambut serta kuku.

Artikel Lainnya: 6 Tips Konsumsi Sushi agar Tetap Aman bagi Kesehatan

7. Mencegah Kerutan

Manfaat sushi untuk mencegah kerutan dapat diperoleh dari komponen antioksidan yang terkandung di dalamnya. 

Antioksidan berperan untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga akan mempertahankan struktur kulit dan membantu memperlambat penuaan sel-sel kulit.

4 dari 5 halaman

8. Memperkuat Sistem Imun

Sushi mengandung mineral-mineral lain seperti zink, magnesium, fosfor, dan zat besi yang penting dalam produksi energi dan imunitas. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan manfaat sushi cukup beragam.

Selain itu, vitamin A, vitamin C, karoten, dan retinol juga ada pada sushi. Kandungan tersebut menjadikan manfaat sushi sangat baik untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan. Namun, vitamin A dan C lebih banyak terdapat pada sushi vegetarian.

Ternyata banyak sekali, ya, manfaat sushi bagi kesehatan? Agar manfaatnya semakin optimal, lebih baik hindari sushi yang menggunakan bahan-bahan tidak sehat seperti mayones, krim, atau tempura. Bila Anda menyukai sensasi crispy dari sushi, Anda bisa mengganti tempura dengan sayuran seperti timun.

Saat mengonsumsi sushi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pilihlah penyedia sushi yang terpercaya, dan pastikan sushi yang Anda makan segar dan bersih. Untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dari nasi pada sushi, Anda dapat memilih menu sashimi, yaitu potongan ikan segar yang disajikan tanpa nasi.

Ingin tahu info menarik seputar kesehatan lainnya? Download aplikasi KlikDokter!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar