Sukses

Manfaat Penggunaan Krim Mata yang Perlu Anda Tahu

Krim mata banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit di sekitar mata. Sebenarnya, apa saja manfaat krim mata? Simak penjelasannya di sini.

Semakin bertambahnya usia, kita semakin sadar pentingnya merawat kesehatan kulit. Beredar berbagai krim, serum, dan lotion untuk menghambat penuaan. Tanda penuaan dapat terlihat ketika muncul keriput, garis-garis halus, kulit mengendur, kulit menjadi kering. 

Salah satu tanda penuaan yang banyak diperhatikan adalah kulit di daerah bawah mata. Tidak diragukan lagi, kulit di sekitar mata lebih rapuh dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Salah satu caranya adalah dengan memakai krim mata. Apa saja manfaat menggunakan krim mata?

1 dari 3 halaman

Manfaat Memakai Krim Mata

Sebelum mengetahui manfaatnya, Anda harus mengenal kondisi kulit di area mata.  Kulit di sekitar mata merupakan kulit yang paling halus, tipis, dan sensitif. Area bawah mata dapat mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan bagian wajah lainnya. Ini disebabkan karena kelopak mata manusia aktif berkedip. 

Tak hanya itu, kelenjar minyak juga dapat memengaruhi proses penuaan di kulit bagian mata. Ketika bertambah usia, produksi kelenjar minyak (sebum) perlahan akan berkurang, akibatnya kulit menjadi gampang kering dan mudah kendur atau mengalami keriput.

Artikel Lainnya: Inilah 5 Cara Mudah Rawat Kulit Area Mata

Karena proses penuaan alami ini, beberapa ahli mengembangkan krim khusus untuk kulit bagian mata. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan krim mata. 

  1. Menghadirkan Kelembapan di Kulit Area Mata

Krim mata ini berbeda dengan pelembap wajah. Pasalnya, krim mata mengandung minyak yang cukup banyak guna memberikan kelembapan di area tersebut. Minyak dan kelembapan ini berfungsi menghambat munculnya keriput atau garis-garis halus.

  1. Memudarkan Bengkak dan Lingkaran Hitam

Di samping itu, krim mata memiliki bahan khusus yang bisa memudarkan bengkak atau lingkaran hitam akibat aliran pembuluh darah di bawah mata yang kurang lancar. Lingkaran hitam di bawah mata sering disebut sebagai “mata panda”. Kemunculan kondisi ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

  1. Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Keriput

Dalam Journal of Cosmetic Dermatology pada tahun 2009, terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa perawatan di daerah bawah mata dapat membantu meningkatkan tingkat garis halus dan mengurangi kedalaman keriput. 

Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Menghilangkan Kerutan di Ujung Mata?

2 dari 3 halaman

Kapan Krim Mata Diperlukan?

Para pakar kecantikan merekomendasikan agar produk perawatan kulit mulai digunakan pada rentang usia 20-30 tahun. Namun, memang tidak semua orang membutuhkan krim mata

Krim mata idealnya digunakan oleh mereka dengan kulit kering. Orang-orang yang memiliki tanda-tanda lingkaran hitam di bawah mata ataupun kantung mata juga direkomendasikan menggunakannya.

Penggunaan krim mata idealnya dilakukan saat pagi dan malam hari. Anda dapat mengaplikasikan krim tersebut dengan menggunakan jari manis atau kelingking di daerah kulit sekitar mata

Oleskan krim sebesar kacang ke bagian bawah mata menggunakan jari. Hindari penggunaan krim dengan jumlah terlalu banyak karena dapat menyebabkan iritasi. Lakukan dengan cara memijat, sebab hal ini dapat menstimulasi peredaran darah agar tidak terbentuk kantung mata.

Artikel Lainnya: 6 Tips Hilangkan Kantong Mata Secara Alami, Caranya?

Kendati begitu, daerah hitam di bawah mata juga dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur, pola makan buruk, atau alergi.

Penggunaan krim mata sejak dini memang sangat penting. Tetapi yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan. 

Selain itu, hindarilah stres dan begadang, karena kedua hal tersebut dapat mempercepat proses penuaan dini di sekitar kulit mata Anda. Cobalah untuk membatasi atau menghindari alkohol dan kafein yang dapat membuat dehidrasi kulit Anda. 

Biasanya lingkaran hitam di bawah mata bukan disebabkan karena masalah kesehatan tertentu. Apabila lingkaran hitam di bawah mata disertai gejala lain seperti nyeri, iritasi, bengkak dan gejala di daerah tubuh lain, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan khusus. 

Cari tahu informasi perawatan kulit serta kecantikan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

1 Komentar