HomeInfo SehatMataSering Mengalami Mata Bintitan? Ini Penyebabnya!
Mata

Sering Mengalami Mata Bintitan? Ini Penyebabnya!

Siti Putri Nurmayani, 22 Sep 2022

Ditinjau Oleh dr. Adeline Jaclyn

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata, penyebab mata bintitan bukan karena sering mengintip. Ini 8 pemicu kelopak mata menjadi bengkak dan merah.

Sering Mengalami Mata Bintitan? Ini Penyebabnya!

Bintitan, timbilen, atau timbilan merupakan benjolan di area kelopak mata. Kondisi ini dapat membuat penderitanya tidak nyaman sekaligus mengganggu penampilan. 

Meski beredar mitos bahwa penyebab mata bintitan karena sering mengintip orang lain, kenyataannya benjolan ini bisa timbul karena dipicu oleh berbagai hal berikut: 

1. Infeksi Akut Kelenjar Minyak di Mata

Dalam dunia medis, penyebab timbilen alias bintitan adalah hordeolum atau infeksi akut jangka pendek dan lokal pada kelenjar minyak mata atau folikel bulu mata.

Infeksi ini dipengaruhi oleh bakteri Staphylococcus. Umumnya, tanda dan gejala dari hordeolum adalah munculnya benjolan kemerahan yang lunak disertai dengan rasa nyeri dan panas di area kelopak mata.

2. Sumbatan di Kelopak Mata

Sumbatan di kelopak mata juga bisa menjadi penyebab mata timbilan. Kondisi ini disebut sebagai chalazion atau peradangan kronis berjangka waktu lama.

Pada dasarnya, tanda dari kalazion hampir serupa dengan hordeolum, di mana ada benjolan kemerahan di kelopak mata. Akan tetapi, benjolan ini terasa lebih keras dan tidak terasa nyeri, serta dapat bertahan selama beberapa minggu, bahkan hingga berbulan-bulan. 

3. Blefaritis

Blefaritis

Cleveland Clinic menuturkan bahwa radang kelopak mata atau blefaritis juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami mata bintitan yang bengkak dan memerah.

Blefaritis ditandai dengan penyumbatan kelenjar di bagian dalam kelopak mata, yang bersentuhan langsung dengan bola mata. Selain kelopak mata bengkak, gejala blefaritis juga ditandai dengan mata terasa panas, keluarnya air mata secara berlebihan, dan terjadinya gangguan penglihatan.

Biasanya, penyakit ini tidak menular dan hanya bersifat sementara. Akan tetapi, kondisi mata bengkak dapat kembali muncul setelah sembuh.

4. Riwayat Bintitan Sebelumnya

Apabila kamu memiliki riwayat bintitan sebelumnya, maka besar kemungkinan kondisi serupa kembali terjadi di masa depan.

5. Masalah Kulit

Kondisi kulit seperti dermatitis seboroik atau ketombe yang menumpuk di dasar bulu mata dapat menyebabkan kelopak mata mengalami radang dan bengkak. Selain itu, mata bintitan juga bisa terjadi saat seseorang mengalami rosacea atau kondisi kulit yang menyebabkan ruam merah di wajah.

Artikel Lainnya: Mengatasi Mata Bintitan dengan Cara Mudah Ini

6. Penggunaan Produk Kosmetik Mata

Mata bintitan juga dapat disebabkan penggunaan riasan mata. Ada baiknya, kamu membiasakan diri untuk mencuci muka sebelum tidur dan gunakan pembersih khusus untuk riasan mata. 

Jangan lupa untuk mengganti produk kosmetik mata setiap enam bulan sekali.

7. Pola Makan Kurang Sehat

Menurut perspektif medis China, benjolan kemerahan yang terdapat di atas kelopak mata adalah tanda dari ketidakseimbangan meridian limpa. Sementara itu, bintitan di bawah kelopak mata memiliki kaitan dengan ketidakseimbangan meridian perut.

Meridian dalam akupuntur merupakan jalur lintas energi yang tersebar dalam tubuh.

Pencernaan yang buruk dan pola makan yang kurang sehat, seperti mengonsumsi karbohidrat olahan berlebihan, dianggap bisa menyebabkan masalah mata bintitan.

Namun, disampaikan oleh dr. Adeline Jaclyn, tidak ada makanan penyebab bintitan.  Sehingga, mata bintitan tidak bisa disebabkan karena makanan tertentu.

Namun, jika sudah mengalami bintitan di kelopak mata, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda, seperti salmon, untuk mengurangi gejala penyakit ini. 

8. Kurang Tidur dan Stres

Meski bintitan umumnya disebabkan infeksi bakteri, akan tetapi kurang tidur dan stres juga dapat meningkatkan risiko bintitan.

Menurut Current Opinion in Psychology, stres dan kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Artikel Lainnya: Tips Ampuh untuk Mencegah Bintitan Berulang

Setelah mengetahui penyebab kenapa mata bintitan, diharapkan kamu bisa mengatasi kondisi ini dengan segera.

Meski mata bintitan sebenarnya tidak berbahaya, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter mata dengan menggunakan fitur Tanya Dokter. Terlebih, jika bintitan terasa sangat nyeri dan bengkak parah.

#JagaSehatmu dan kebersihan area mata untuk mencegah gangguan penglihatan. Jangan lupa untuk download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan mata lainnya.

(DA/JKT)

MataMata BintitanPenyebab Mata BintitanBintitan

Konsultasi Dokter Terkait