Sukses

Kenali Penyebab Mata Sering Bintitan

Selain tak nyaman, bintitan pada mata juga sangat merusak penampilan. Sebenarnya, apa penyebab penyakit mata yang satu ini?

Klikdokter.com, Jakarta Bintitan adalah istilah awam yang menggambarkan adanya benjolan pada area kelopak mata. Dalam dunia medis, terdapat dua penyakit yang dapat dipersepsikan sebagai bintitan, yaitu hordeolum dan chalazion. Apa penyebab masing-masing kondisi ini?

Hordeolum disebabkan karena infeksi akut (jangka waktu singkat) dan lokal pada kelenjar minyak mata atau folikel bulu mata. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Tanda dan gejala hordeolum meliputi benjolan kemerahan serta rasa nyeri dan panas pada kelopak mata.

Sementara chalazion adalah peradangan kronis (berjangka waktu lama) yang rata-rata disebabkan oleh sumbatan pada kelopak mata. Tanda dari chalazion adalah benjolan kemerahan pada kelopak mata, yang dapat bertahan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Umumnya sulit membedakan hordeolum dan chalazion dari penampakannya. Namun biasanya hordeolum menimbulkan nyeri dan benjolan lunak, sedangkan chalazion tidak mengakibatkan nyeri dan terasa lebih keras.

Beberapa kondisi yang dapat memicu munculnya bintitan, antara lain blefaritis, riwayat bintitan sebelumnya, masalah kulit seperti jerawat atau dermatitis seboroik, diabetes, dan sebagainya.

Lalu, apa sajakah yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya bintitan? Biasakanlah untuk mencuci muka sebelum tidur. Bagi wanita, jangan lupa untuk menghapus riasan, terutama riasan mata. Sebaiknya Anda menggunakan pembersih khusus untuk riasan mata.

Produk kosmetik mata seperti eyeliner, eye shadow, dan maskara sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali. Oleh karena itu perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Yang terpenting, jagalah selalu kebersihan kelopak mata dan bulu mata Anda.

Bintitan akan mudah menular jika diakibatkan oleh infeksi. Karena itu, hindari kebiasaan berbagi handuk, terutama dengan orang yang sedang bintitan. Jauhi juga kebiasaan mengucek mata, terutama jika belum mencuci tangan. Selain itu, selalu cucilah tangan Anda sebelum memakai lensa kontak atau memulas riasan mata.

Jika bintitan Anda terasa sangat nyeri atau bengkak berlebihan, tidak membaik dalam beberapa minggu atau memengaruhi penglihatan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Jika Anda sudah melakukan tindakan preventif di atas namun masih mengalami mata bintitan, segera periksakan ke dokter, apalagi jika bintitan yang Anda alami terasa sangat nyeri atau bengkak berlebihan sehingga memengaruhi penglihatan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar