Kesehatan Anak

Usia Berapa Anak Boleh Memiliki Ponsel Sendiri?

Gerardus Septian Kalis, 20 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kenapa penggunaan ponsel harus sesuai dengan usia anak? Cek penjelasannya di sini.

Usia Berapa Anak Boleh Memiliki Ponsel Sendiri?

Menjadi orang tua di zaman sekarang memang tidak mudah. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi orang tua hari ini adalah haruskah memberikan ponsel kepada anak di usianya yang masih dini.

Gawai memiliki potensi yang besar untuk memperkaya pengetahuan, tapi juga dapat menimbulkan masalah serius. Banyak perdebatan dalam masyarakat mengenai kepemilikan ponsel di kalangan anak-anak. Lalu, kapankah orang tua perlu memberikan ponsel kepada anak?

“Tidak ada usia (pasti) kapan anak harus memiliki ponsel,” kata dr. Pamela Rutledge, Direktur dari Media Psychology Research Center.

Menurutnya, pemberian ponsel berkaitan dengan kematangan anak, bagaimana ponsel tersebut digunakan, serta kemampuan orang tua untuk memahami bagaimana anak menggunakan gawai.

Sementara itu, menurut dr. Kathleen Clarke-Pearson, dokter spesialis anak dan anggota American Academy of Pediatrics, usia yang tepat untuk seorang anak menggunakan ponsel adalah 14 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan pada usia ini seorang anak sudah memiliki kecerdasan emosi yang baik dan mampu bertanggung jawab.

Ia beranggapan bahwa memberi ponsel pintar pada anak di atas usia tersebut relatif lebih aman. Pemberian ponsel pintar sebelum usia 12 tahun terbukti berdampak negatif pada anak.

Sebuah studi menemukan, anak di bawah 12 tahun yang sudah bisa mengakses internet melalui ponsel, berisiko mengalami kecanduan ponsel pintar dan pornografi. Lebih dari 50 persen di antaranya ditemukan pernah melakukan sexting atau berkirim pesan seksual melalui ponsel.

Terlepas dari baik buruknya penggunaan gawai, khususnya ponsel untuk anak-anak, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak terpapar teknologi dapat menyebabkan anak-anak menjadi kurang konsentrasi, mengalami gangguan kognitif, dan temperamental. Oleh karena itu, jika anak Anda sudah memiliki ponsel, batasilah dan awasi pemakaiannya.

[RS/ RVS]

Gangguan KognitifGadgetPonselAnakgawai

Konsultasi Dokter Terkait