Sukses

Kendalikan Diabetes dengan Ubah Gaya Hidup

Kendalikan diabetes Anda dengan mengubah gaya hidup sehari-hari.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi penderita diabetes mengonsumsi makanan yang tidak tepat, dapat mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Peningkatan kadar gula darah dapat memicu risiko terhadap kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, kebutaan hingga membuat kesadaran menurun.

Untuk mengatasinya, penderita diabetes diharuskan mengetahui beberapa jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain itu, menerapkan gaya hidup berikut ini dapat membantu agar diabetes Anda tidak semakin parah:

1. Makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting bagi penderita diabetes. Pasalnya, apa yang Anda makan memengaruhi gula darah Anda. Fokuslah untuk mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Selain itu, pilih susu dan daging tanpa lemak dan batasi makanan yang tinggi gula. Ingat, bahwa karbohidrat akan berubah menjadi gula, jadi perhatikan asupan karbohidrat harian Anda.

2. Menjadi aktif

Jika Anda adalah pribadi yang kurang aktif, maka secepatnya Anda harus mengubah kebiasaan ini. Menjadi aktif bukan berarti Anda harus rutin pergi ke tempat gym atau mengadakan latihan khusus. Aktivitas berjalan atau naik sepeda adalah beberapa cara termudah yang bisa Anda kerjakan. Lakukan segala aktivitas yang membuat Anda berkeringat dan bernapas sedikit lebih keras.

Gaya hidup aktif membantu mengendalikan diabetes dengan menurunkan gula darah. Hal ini juga menurunkan kesempatan Anda terkena penyakit jantung, stres sekaligus menurunkan berat badan.

3. Rutin check up

Temui dokter setidaknya dua kali dalam setahun. Apabila penyakit diabetes tidak ditangani dengan baik, maka risiko Anda terkena penyakit jantung semakin besar. Jadi, mulai sekarang pelajari tingkat kolesterol, tekanan darah, dan A1c (gula darah rata-rata selama 3 bulan). Selain itu, kunjungi juga dokter kaki untuk memeriksa masalah seperti bisul kaki dan kerusakan saraf.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Mengelola stres

Saat Anda stress, kadar gula darah akan meningkat. Sedangkan saat cemas, Anda mungkin   tidak dapat mengelola diabetes dengan baik. Pada umumnya penderita diabetes terkadang lupa berolahraga, makan atau minum obat-obatan dengan benar . Temukan cara untuk menghilangkan stres melalui yoga atau hobi yang menenangkan Anda.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Diabetes membuat Anda mudah memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki.

Jika Anda perokok, risiko Anda terkena penyakit tersebut semakin besar. Merokok juga bisa membuat olahraga lebih sulit. Konsultasikan dengan dokter  tentang cara berhenti merokok yang paling tepat.

6. Batasi asupan alkohol

American Diabetes Association mengatakan, bahwa wanita seharusnya tidak minum lebih dari satu gelas alkohol dalam sehari dan pria tidak lebih dari dua gelas. Alkohol bisa membuat gula darah Anda menjadi tinggi atau terlalu rendah. Periksa gula darah Anda sebelum Anda minum, dan lakukan langkah-langkah untuk menghindari gula darah menjadi rendah. Jika Anda menggunakan insulin atau minum obat untuk diabetes, makanlah saat Anda sedang minum minuman beralkohol.

Mulai sekarang ubah gaya hidup Anda menjadi yang lebih baik. Dengan demikian, kadar gula darah akan stabil dan terhindar dari diabetes.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar