Sukses

Mengatasi Gigi Sensitif Akibat Whitening Gigi

Anda pakai whitening gigi dan gigi jadi ngilu terus-menerus? Coba tangani dengan cara ini.

Tak sedikit orang yang merasakan gigi ngilu setelah melakukan whitening gigi.  Kondisi ini disebut dengan gigi sensitif. Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi sensitif akibat dampak memutihkan gigi? 

Whitening gigi adalah salah satu cara efektif untuk memutihkan gigi. Ini merupakan perawatan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Tujuannya tentu agar gigi menjadi lebih putih dan bersih sehingga seseorang lebih percaya diri terhadap penampilannya.

Namun. sayangnya, ada beberapa dampak yang bisa dirasakan dari memutihkan gigi. Salah satu yang paling sering terjadi adalah gigi terasa lebih sensitif daripada biasanya.

1 dari 3 halaman

Efek Memutihkan Gigi

Ada banyak jenis perawatan whitening gigi yang tersedia. Mulai dari solusi alami dan pasta gigi pemutih yang tersedia di toko-toko, hingga perawatan yang jauh lebih profesional dan hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi.

Artikel Lainnya: Sebelum Memutihkan Gigi, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Beberapa pasien melaporkan rasa ngilu dan nyeri pada gigi dalam 1-2 hari setelah perawatan pemutihan gigi. Hal ini terkait dengan penggunaan zat pemutih berbasis peroksida yang digunakan.

Zat pemutih ini bisa menembus lapisan enamel sehingga membuat gigi lebih sensitif. Sensitivitas dapat terjadi selama dan setelah paparan zat pemutih berbasis peroksida. 

Ketika gigi Anda terasa sensitif, hal ini dapat meningkatkan respons terhadap suatu rangsangan. Artinya, saat gigi terkena makanan atau minuman yang terlalu panas maupun dingin atau yang bersifat asam, gigi bisa terasa sakit. Namun kondisi ini biasanya berlangsung singkat.

Umumnya, rasa sakit itu terjadi selama atau setelah selesai perawatan. Meski demikian, tidak semua orang akan mengalami hal yang sama sebab tingkat sensitivitas setiap orang berbeda-beda.

Artikel Lainnya: 3 Tindakan yang Bikin Gigi Makin Sensitif

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Biasanya, dampak memutihkan gigi ini bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa hari. Namun, frekuensi dan keparahannya dapat dipengaruhi oleh kualitas dari produk pemutih, teknik yang digunakan, serta respons seseorang terhadap bahan dan metode tersebut.

Tapi Anda tidak perlu khawatir! Ada beberapa cara mengatasi gigi sensitif yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Jangan Gunakan Produk Pemutih Terlalu Sering

Ya, hindarilah menggunakan produk pemutih terlalu sering karena berpotensi membuat gigi Anda sensitif. Anda juga bisa mengganti produk pemutih dengan konsentrasi yang lebih rendah. 

  1. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi secara teratur dengan menggunakan bulu sikat yang lembut (micro bristles), sehingga tidak membuat perlekatan gusi lepas atau iritasi. Ini salah satu solusi gigi sensitif yang paling mudah untuk dipraktikkan.

Artikel Lainnya: Ini Akibatnya Jika Gigi Sensitif Tidak Diobati

  1. Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Gunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif. Kandungan potassium nitrate di dalamnya berfungsi untuk menghalangi tubulus di dentin yang terbuka. Sehingga, rangsangan yang dapat menyebabkan rasa sensitif pada gigi tidak sampai memacu saraf.

  1. Gosok Gigi dengan Teknik yang Tepat

Gosoklah gigi secara perlahan dan hindari menggosoknya terlalu kuat. Cara mengatasi gigi sensitif yang satu ini terbukti cukup ampuh untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan.

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Untuk sementara waktu, singkirkan makanan dan minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, maupun yang bersifat asam. Hal ini bertujuan agar tidak memperburuk kondisi Anda.

  1. Manfaatkan Sedotan Saat Minum

Anda bisa menggunakan sedotan saat minum, agar air tidak langsung berkontak dengan gigi.

  1. Periksa Gigi Secara Rutin ke Dokter Gigi

Lakukan kontrol ke dokter gigi jika keluhan masih berlanjut. Walaupun rasa sensitif umum terjadi setelah pemutihan gigi, namun biasanya tidak berlangsung lama. Jika masih belum hilang, bisa dicurigai adanya masalah lain yang menjadi penyebab.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi sensitif yang bisa Anda lakukan. Memutihkan gigi bisa dilakukan di rumah maupun tempat praktik dokter gigi. Sebelum melakukan perawatan ini, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter gigi agar dampak memutihkan gigi yang terjadi setelahnya dapat diminimalkan.

Masih memiliki pertanyaan seputar topik ini? Silakan konsultasikan dengan dokter kami melalui fitur Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar