Sukses

Mengatasi Gigi Sensitif Akibat Whitening Gigi

Anda pakai whitening gigi dan gigi jadi ngilu terus-menerus? Coba tangani dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Whitening gigi (pemutih gigi) adalah salah satu cara efektif untuk memutihkan gigi. Namun, sayangnya whitening gigi memiliki efek samping berupa gigi sensitif.

Ada dua jenis sensitivitas gigi akibat whitening gigi. Pertama, pasien akan merasa tidak nyaman pada hampir seluruh gigi, terutama ketika menyikat gigi atau mengonsumsi minuman yang dingin.

Kedua, dapat terjadi nyeri spontan seperti tersengat listrik. Bertahan selama beberapa detik lalu hilang. Biasanya terjadi pada gigi depan dan pramolar. Cenderung kambuh pada gigi-gigi tertentu.

Tapi jangan khawatir! Kini sudah ada cara-cara mengatasi keluhan gigi sensitif. Apakah itu?

Mulailah dengan Sikat GigiUntuk menangani gigi sensitif, dibutuhkan perawatan gigi dan mulut secara lengkap dan benar. Anda dapat memulainya dari pemilihan jenis sikat gigi. Pilih sikat gigi dengan ujung bulu yang lembut (micro bristles) sehingga tidak akan merusak pelekatan gusi.

Selain itu, pilihlah pasta gigi yang sesuai dengan keadaan gigi Anda, yakni pasta gigi khusus gigi sensitif. Perhatikan kandungan di dalamnya. Pasta gigi khusus gigi sensitif yang baik adalah yang mengandung fluoride.

Fluoride dapat melindungi gigi agar tidak mudah dirusak oleh asam. Kandungan potassium nitrate juga penting karena dapat menghambat rangsangan saraf yang berasal dari bahan whitening gigi.

Anda juga dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung amorphous calcium phosphate. Fungsinya adalah untuk mengembalikan mineral gigi yang terlepas.

Meski demikian, penggunaan pasta-pasta ini tidak dapat mengatasi gigi sensitif gigi secara instan. Tetap dibutuhkan waktu untuk dapat benar-benar mengatasi gigi sensitif.

Bijaksanalah dalam memilih dan melakukan tindakan whitening gigi. Pakai whitening gel dengan konsentrasi yang rendah, kurangi lama waktu pemakaian, serta tambahkan jeda waktu antar pemakaian.

Jangan memakai whitening gel di luar waktu yang dianjurkan agar terbebas dari gigi sensitif. Lakukan perawatan desensitizer atau varnish di dokter gigi, sekitar 10–30 menit sebelum dan sesudah whitening gigi. Terakhir, hindari makanan terlalu panas dan dingin 1–2 hari setelah memutihkan gigi.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar