Sukses

Pilihan Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Serat merupakan nutrisi penting agar pencernaan lancar. Mari ketahui berbagai makanan berserat yang baik bagi kesehatan berikut ini.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan salah satu langkah sederhana untuk memulai hidup sehat. Sebab, zat gizi ini bermanfaat baik bagi tubuh, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak makanan kaya serat yang bisa kita temui sehari-hari. Rasanya pun tak kalah enak dengan makanan-makanan lainnya.

Berikut ini beberapa makanan tinggi serat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk asupan sehari-hari:

 

1 dari 7 halaman

1. Apel

Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat. Anda dapat mengonsumsi dua buah apel setiap hari, saat pagi dan malam hari.

Sebaiknya, makan buah ini bersama kulitnya. Karena, bagian tersebut merupakan sumber serat utamanya.

2. Brokoli

Semangkuk brokoli mengandung sekitar 5,1 gram serat. Sayuran hijau ini sangat baik dikonsumsi mentah (sudah dicuci), direbus, atau dikukus.

Namun, bila Anda hendak mengukus atau merebus brokoli, pastikan waktunya tidak lebih dari 5 menit. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Artikel Lainnya: Awas, Makanan Ini Buruk untuk Kesehatan Rambut!

2 dari 7 halaman

3. Edamame

Kacang yang sering ditemui di restoran Jepang ini ternyata dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Dalam 100 gram edamame (setara dengan 1 mangkuk), terdapat kandungan serat sebanyak 5 gram.

Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu merebus edamame, kemudian siap disantap. Mudah bukan?

4. Roti Gandum

Satu potong roti gandum mengandung sekitar 2,2 gram serat. Kandungan ini membuat roti gandum lebih baik dibanding roti putih (tawar) pada umumnya.

Bila Anda menambahkan selai cokelat atau selai lainnya, kandungan gulanya akan meningkat. Jadi, jumlah selai dan topping yang digunakan harus diperhatikan, ya.

Artikel Lainnya: Cerahkan Kulit Anda dengan Makanan Ini

3 dari 7 halaman

5. Pir

Seperti apel, buah pir juga mengandung banyak serat. Satu buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

6. Pisang

Dalam 100 gram pisang, terdapat 2,6 gram serat di dalamnya. Pisang berwarna hijau atau yang belum matang juga mengandung resistant starch, yaitu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan bekerja layaknya serat.

Selain serat, pisang juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

4 dari 7 halaman

7. Wortel

Dalam 100 gram wortel, terdapat 2,8 gram serat. Wortel mudah didapat dan cukup mudah untuk dimasak, sehingga cocok menjadi sumber serat sehari-hari.

Anda juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya dari wortel, seperti beta-karoten, vitamin K, magnesium, dan vitamin B6.

8. Buah Bit

Buah bit merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi seperti folat, zat besi, mangan, tembaga, dan kalium. Selain itu, terdapat pula kandungan serat sebanyak 2,8 gram dalam 100 gram buah bit.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan untuk Atasi Gangguan Pendengaran

5 dari 7 halaman

9. Chia Seed

Chia seed yang berbentuk biji-biji kecil berwarna hitam ini sangat populer di kalangan pencinta superfood.

Biji-bijian ini sangat bernutrisi, dan mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Dalam 100 gram chia seed, terdapat 34,4 gram serat. Cukup banyak, ya?

10. Almond

Dalam 100 gram almond, terkandung 13,3 gram serat. Almond juga mengandung lemak baik, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Kacang ini bisa Anda konsumsi langsung atau dijadikan topping untuk berbagai hidangan.

Artikel Lainnya: Bahaya Memanaskan Makanan Sisa yang Perlu Anda Tahu

6 dari 7 halaman

11. Dark Chocolate

Selain serat, camilan sehat dan enak ini juga kaya antioksidan, lho. Pastikan dark chocolate yang Anda pilih mengandung cocoa minimal 70-95 persen. Hindari produk dengan gula tambahan.

12. Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak baik dan merupakan makanan tinggi serat. Dalam 100 gram alpukat, terdapat 6,7 gram serat.

Meski beberapa asupan yang mengandung serat di atas sangat baik, Anda tetap harus membatasi konsumsinya. Rekomendasi asupan serat untuk wanita adalah 25 gram per hari, sedangkan untuk pria 38 gram per hari.

Jangan lupa kombinasikan dengan makanan sehat lainnya untuk melengkapi nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, di antara pilihan makanan kaya serat di atas, mana yang jadi favorit Anda? Jangan lupa masukkan ke dalam menu harian agar manfaat sehatnya dapat segera terasa.

Bila memiliki pertanyaan seputar nutrisi, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat di Klikdokter untuk konsultasi langsung dengan dokter pilihan. Beli beragam produk makanan sehat yang bagus untuk pencernaan juga lebih mudah di Belanja Sehat!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar