Sukses

Mengungkap Efek Donor Ginjal bagi Kesehatan

Inilah yang terjadi pada tubuh orang yang telah melakukan donor ginjal.

Klikdokter.com, Jakarta Donor ginjal merupakan salah satu solusi untuk membantu mengatasi pasien gagal ginjal. Meski mulia dan dapat menyelamatkan nyawa, tindakan ini bukan tanpa risiko.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, mereka yang pernah donor ginjal akan mengalami beberapa perubahan di dalam tubuhnya.

“Ada indikasi bahwa orang yang pernah melakukan donor ginjal memiliki tekanan darah sedikit tinggi, dan mengalami peningkatan protein dalam urine 10-15 tahun setelahnya,” ungkapnya.

Meski demikian, dr.Astrid menyebutkan bahwa mereka yang pernah mendonorkan ginjalnya tetap dapat hidup layaknya orang lain pada umumnya.

“Orang yang pernah donor ginjal dapat hidup seperti biasa, bahkan tidak ada pengaturan makanan tertentu. Kecuali ginjal yang tertinggal memang sudah bermasalah,” katanya.

Menurutnya, mereka yang pernah donor ginjal sebaiknya minum dalam jumlah yang lebih banyak dan selalu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Menurut Kidney Research UK, mereka yang hidup dengan satu ginjal harus mengurangi asupan garam. Di samping itu, mereka juga wajib minum 6-8 gelas air putih setiap hari, dan menghindari konsumsi obat-obatan yang tidak diresepkan oleh dokter.

National Kidney Foundation menambahkan bahwa mereka yang pernah donor ginjal tetap dapat melakukan olahraga ringan. Beberapa olahraga yang wajib dihindari adalah sepak bola, tinju, hoki, bela diri atau gulat.

Sejatinya, donor ginjal merupakan tindakan yang sangat berani dan mulia. Jika suatu saat Anda harus melakukan ini demi orang tercinta, jangan pernah ragu, apalagi risau akan efek sampingnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar