Sukses

5 Kiat Terbaik Melatih Otak agar Selalu Optimis

Lakukan kiat ini untuk meningkatkan rasa optimis di diri Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Orang yang memiliki sifat optimis merupakan orang yang selalu berpandangan baik dalam menghadapi segala persoalan. Studi menunjukkan bahwa orang optimis lebih bahagia, lebih kreatif, lebih cepat dalam memecahkan masalah dan memiliki kewaspadaan mental yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang pesimis.

Optimis juga merangsang tubuh untuk lebih sedikit mengeluarkan hormon kortisol dan lebih banyak mengeluarkan serotonin. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melatih otak agar selalu optimis, di antaranya:

  • Mengucap syukur

Selalu merasa bersyukur dipercaya dapat meningkatkan hormon serotonin sekaligus menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Akibatnya, hal ini dapat meningkatkan motivasi dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Keseimbangan kadar hormon serotonin ternyata berperan dalam menghindarkan seseorang dari depresi dan bermanfaat dalam mengelola mood positif. Semakin sering Anda fokus pada rasa syukur, semakin optimis otak Anda di masa depan. Tuliskanlah setidaknya tiga hal yang Anda syukuri setiap hari.

  • Berbuat baik

Berbuat baik dapat meningkatkan hormon dopamin di otak Anda. Pada otak, dopamin terlibat dalam proses berpikir, belajar, pergerakan, motivasi dan kepuasan. Bahkan, sesuatu yang sederhana seperti memberi senyuman atau pujian bisa membuat Anda merasakan kebahagiaan.

  • Tertawa

Tertawa merupakan obat terbaik untuk meningkatkan rasa optimis. Saat Anda tertawa, tubuh akan menginduksi hormon serotonin sehingga menenangkan amigdala.

Selain itu, selalu luangkan waktu bersama teman atau keluarga untuk tertawa bersama. Lakukan hal ini sesering mungkin untuk mendapatkan efek yang maksimal.

  • Memilih kata-kata yang baik

Kebiasaan mengeluh dapat menganggu cara pandang Anda. Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan, jangan mengatakan apapun. Pilihlah kata dan pikirkan baik buruknya apa yang akan keluar dari mulut Anda.

  • Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan endorfin, serotonin dan bahan kimia otak lainnya yang menyenangkan. Untuk hasil terbaik, tingkatkan detak jantung dengan olahraga minimal 20 menit setiap hari. Jika sulit meluangkan waktu untuk berolahraga, Anda bisa melakukannya di samping meja kerja.

Dalam hidup, ada kalanya Anda menghadapi kejadian yang penuh tekanan. Nah, dengan melakukan kelima kiat melatih otak tersebut, rasa optimis akan muncul dari dalam diri Anda, sehingga bisa  membantu dalam mengatasi kecemasan dengan cara yang sehat.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar