Sukses

Sehatkah Tidur dengan Binatang Peliharaan?

Sebagian orang sering tidur bersama binatang kesayangannya. Bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, binatang peliharaan mulai dari kucing, anjing, unggas hingga reptil, sering diperlakukan sebagai sahabat, dan dianggap sudah menjadi bagian dari keluarga sendiri. Tak jarang seluruh aktivitas mulai dari bangun tidur, bekerja, hingga tidur lagi di malam hari, ditemani oleh binatang peliharaan.

Namun, sehatkah tidur dengan binatang peliharaan? Berikut penjelasannya:

  • Sakit Anda dapat bertambah parah

Anjing kesayangan gemar tidur di samping sambil menjilati tubuh Anda? Meski Anda menganggapnya itu adalah “tanda sayang”, tetapi menjilati hidung terutama jika Anda sedang pilek atau menjilati luka terbuka sama saja membuat infeksi Anda bertambah parah dan justru dapat menyebar ke area tubuh lainnya.

  • Pastikan binatang peliharaan bersih dan sudah tervaksinasi

Meski anjing atau kucing kesayangan Anda sudah dimandikan, atau bahkan Anda rajin membawanya ke salon hewan secara rutin, tetap dapat berpotensi menyebarkan penyakit ke manusia atau disebut dengan zoonosis. Jadi, selain harus bersih, pastikan binatang peliharaan Anda sudah tervaksinasi dan dilakukan pemeriksaan atau skrining parasit binatang (seperti kutu) secara rutin.

  • Jangan biarkan anak tidur dengan binatang peliharaan

Mungkin Anda berpikir anak balita Anda tampak lucu dan menggemaskan saat tertidur bersama kucing atau anjing peliharaan. Namun sebetulnya hal ini bisa berisiko.

Saat tidur, anjing seringkali membolak balikan tubuhnya dan tak sadar dapat menghimpit tubuh anak Anda yang masih ringkih. Selain itu terkadang, anak-anak seringkali iseng menyentuh binatang peliharaannya saat tidur, hal itu akan menimbulkan reflek binatang peliharaan akan mencakar bagian tubuh anak Anda.

  • Tidur Anda dapat terganggu

Siklus tidur hewan seringkali berbeda dengan manusia. Binatang peliharaan seperti kucing misalnya, merupakan “hewan malam” yang seringkali terbangun di malam hari, ingin bermain dan mengganggu tidur Anda.

Selain itu anjing peliharaan Anda juga terkadang dapat memiliki kebiasaan menggaruk sprei tempat tidur Anda atau bahkan mendengkur. Tentunya semua hal ini bisa membuat kualitas tidur Anda terganggu.

Itulah beberapa risiko yang akan mengancam kesehatan jika Anda tidur dengan binatang peliharaan. Namun, sebelum memulainya pertimbangan plus minus terlebih dahulu.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar