Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Segudang Manfaat Luar Biasa Ciuman untuk Kesehatan

Manfaat ciuman tidak hanya untuk menambah kemesraan pasangan. Aktivitas positif ini juga bisa meningkatkan rasa bahagia dan memberikan ragam manfaat sehat lainnya, lho!

Ciuman merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang. Bahkan jika dilakukan dengan lebih tepat, Anda bisa merasakan berbagai manfaat ciuman bagi kesehatan yang lebih besar.

Pada pasangan suami istri, ciuman bisa menjadi awal yang baik untuk ‘membuka’ aktivitas di atas ranjang. Karena pada dasarnya, ciuman dapat meningkatkan kemesraan yang pada akhirnya memancing gairah untuk melakukan ‘eksekusi’ lebih lanjut.

Manfaat ciuman untuk kesehatan tidak hanya terbatas pada hal tersebut, lho!

Artikel Lainnya: Valentine Day! Yuk Ketahui Sejarah hingga Alasan Manusia Berciuman

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Ciuman untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat berciuman untuk kesehatan yang bisa dirasakan jika Anda melakukannya dengan cara yang tepat:

  • Meningkatkan Libido

Seperti telah disinggung sebelumnya, berciuman menjadi kegiatan foreplay yang ampuh sebelum berhubungan seks. Hal ini juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian, salah satunya oleh University of Albany di New York, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menyebut bahwa berciuman dapat meningkatkan hormon testosteron yang kemudian dapat meningkatkan libido. Hal ini adalah bagian dari manfaat ciuman bibir dengan pasangan.

  • Meningkatkan Hormon Bahagia

Menurut penelitian, berciuman dapat membuat Anda menjadi bahagia. Ini karena aktivitas tersebut dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin.

Ketiga hormon tersebut akan membuat Anda merasakan euforia, kasih sayang, dan menjadi lebih erat satu sama lain. Selain itu, berciuman juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menurut penelitian di Journal of Behavioral Medicine tahun 2016, subjek penelitian yang merasa tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya memiliki kadar hormon kortisol atau hormon stres lebih tinggi.

Di sisi lain, berciuman dapat membantu menekan produksi hormon kortisol. Oleh karena itu, peneliti berhipotesis bahwa aktivitas positif yang satu ini dapat menjadi cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

  • Mengurangi Rasa Cemas

Salah satu aktivitas yang dapat menjauhkan Anda dari rasa cemas adalah berciuman. Ini hormon oksitosin yang keluar saat Anda melakukannya dapat mencetuskan reaksi tenang dan relaks.

Artikel Lainnya: Bolehkah Mencium Bayi yang Baru Lahir? Apa Dampaknya?

  • Mengurangi Gejala Nyeri Kepala

Saat berciuman, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat. Pembuluh darah pun menjadi melebar, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri kepala.

Selain itu, berciuman juga dapat mengurangi tingkat stres yang merupakan salah satu pemicu nyeri kepala.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal Microbiome pada tahun 2014, seseorang yang rutin berciuman selama lebih dari 10 detik dapat ‘bertukar’ bakteri baik dengan pasangannya. Hal ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dan pasangan mesti benar-benar dalam kondisi sehat alias tidak sedang menderita penyakit tertentu.

  • Mengurangi Risiko Reaksi Alergi

Sebuah penelitian di Jepang tahun 2006 meneliti 24 pasien dengan dermatitis atopik (pada kulit) dan rhinitis alergi (pada hidung). Pada penelitian ini subjek diminta berciuman selama 30 menit dengan pasangannya sambil mendengarkan lagu yang menenangkan.

Setelah hasilnya keluar, peneliti menyatakan bahwa berciuman membuat kadar kadar IgE —antibodi terhadap alergen tertentu— pada pasien mengalami penurunan. Ini artinya, pasien tersebut memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami reaksi alergi di waktu mendatang.

  • Membakar Kalori

Anda ingin membakar kalori dengan cara yang menyenangkan? Cobalah berciuman. Ini karena dengan melakukannya selama 1 menit, Anda dapat membakar sekitar 2-3 kalori.

Artikel Lainnya: 10 Bahaya Sembarangan Mencium Bibir Bayi

  • Mengencangkan Otot Wajah

Berciuman akan melibatkan beberapa bagian otot wajah. Oleh karena itu, berciuman secara rutin dapat menjadi ‘olahraga’ bagi otot-otot tersebut. Alhasil, produksi kolagen akan lebih optimal sehingga otot wajah Anda akan tampak lebih kencang.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Berciuman dapat meningkatkan produksi saliva, sehingga gigi dapat ‘membersihkan diri’ dari bakteri penyebab penyakit di dalam mulut.

Saliva atau air liur yang diproduksi saat berciuman juga akan membantu remineralisasi dan melindungi gigi dari paparan asam berlebih.

2 dari 3 halaman

Apakah Berciuman Memiliki Risiko Kesehatan?

Manfaat ciuman bagi kesehatan memang sangat beragam. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, karena aktivitas yang satu ini juga bisa menjadi sarana penularan penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa menular melalui ciuman bibir, di antaranya:

  • Radang Gusi

Radang gusi atau gingivitis adalah penyakit yang terjadi akibat kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Anda bisa tertular penyakit ini apabila melakukan kontak mulut secara langsung dengan penderita.

  • Mononukleosis

Mononukleosis merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus Epstein-Barr (EBV). Penyakit ini juga dikenal dengan nama the kissing disease alias penyakit yang terjadi akibat ciuman.

  • Sifilis

Sifilis atau dikenal dengan istilah raja singa adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri. Penyakit ini bisa menular bila ada kontak mulut dengan penderita, khususnya bila terdapat lesi atau luka di mulut.

  • Herpes Oral

Penyakit ini terjadi akibat infeksi herpes simplex virus type-1 (HSV-1). Ahli kesehatan menyebut bahwa herpes oral dapat menular, salah satunya melalui ciuman.

  • Meningitis

Meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi virus ataupun bakteri. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa penyakit ini bisa menular melalui kontak dekat, termasuk melalui ciuman, dengan penderita.

Pastikan untuk selalu waspada akan setiap kemungkinan yang ada. Jika hanya ingin merasakan manfaat ciuman tanpa khawatir tertular penyakit, pastikan Anda dan pasangan sama-sama dalam kondisi sehat sepenuhnya. Apabila Anda curiga terdapat masalah kesehatan, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter lewat Live Chat 24 jam.

(NB/ RH)

3 Komentar