Sukses

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Migrain

Anda terserang migrain? Bisa jadi pemicunya adalah makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Simak apa saja makanan penyebab migrain.

Migrain memang bisa sangat mengganggu. Menurut Migraine Research Foundation, makanan menjadi penyebab migrain yang paling sering. Karena itu, makanan penyebab migrain ini perlu dihindari dalam menu sehari-hari. 

Pola diet yang tepat berpengaruh terhadap timbulnya gejala migrain. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat mengurangi gejala migrain. Di sisi lain, ada beberapa makanan yang justru bisa memicu migrain.  

1 dari 2 halaman

Makanan dan Minuman Penyebab Migrain

Makanan dan minuman penyebab migrain bisa bermacam-macam. Mulai dari kopi, teh, keju, makanan olahan, dan masih banyak lagi. 

Penting untuk mengetahui apa saja makanan dan minuman penyebab migrain, agar sakit kepala ini tidak mudah kambuh serta mengurangi gejala yang timbul. 

Artikel lainnya: Mengenal Jenis-jenis Migrain dan Cara Penanganannya

Berikut beberapa makanan dan minuman pemicu migrain yang harus Anda hindari atau kurangi:

  1. Minuman Berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, atau minuman berenergi, dapat menjadi pemicu migrain. Walau begitu, kafein ibarat pisau bermata dua. Menurut Migraine Research Foundation, kafein juga bermanfaat untuk menghentikan gejala migrain. 

  1. Makanan Pedas

Sambal goreng kentang, ayam geprek, seblak, dan lainnya bisa menjadi makanan penyebab migrain. Pasalnya, makanan pedas bereaksi dengan reseptor nyeri di otak yang disebut dengan reseptor TRP, sehingga dapat mencetuskan nyeri kepala. 

Meski begitu, pada beberapa orang, zat kapsaisin yang terdapat di dalam cabai justru dapat mengurangi gejala nyeri kepala. Sementara pada sebagian orang lainnya, cabai dapat mencetuskan gejala migrain.

Artikel lainnya: Ini Penyebab Migrain Saat Haid dan Cara Mengatasinya

  1. Pemanis Buatan

Berbagai makanan olahan banyak mengandung pemanis buatan. Dilansir dari Harvard Medical School, Amerika Serikat, terdapat lima pemanis buatan yang disetujui oleh FDA, yaitu sakarin, asesulfam, aspartame, neotame, dan sukralosa. 

Pemanis buatan dapat menjadi alternatif pengganti gula terutama bagi penderita diabetes. Sayangnya, menurut studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic, Amerika Serikat, pemanis buatan aspartame dapat menjadi pemicu migrain. 

  1. Minuman Beralkohol

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Current Pain and Headache Reports, alkohol disebut sebagai salah satu minuman pemicu migrain pada 1/3 pasien migrain. 

Pada penelitian lain yang dilansir dari American Migraine Foundation, anggur merah dan bir menjadi minuman beralkohol yang paling sering memicu migrain. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi, salah satu faktor pemberat nyeri kepala. 

  1. Makanan yang Mengandung MSG

MSG atau monosodium glutamate merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. MSG ini banyak ditemukan pada masakan Cina, makanan cepat saji, makanan olahan, makanan kalengan, dan lainnya. 

Artikel lainnya: Hati-hati, Migrain juga Dipicu Pola Makan yang Salah

MSG memang dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat, namun sayangnya bisa menjadi pemicu migrain. Keluhan ini biasanya dialami dalam kurun waktu 20-25 menit setelah Anda mengonsumsi makanan ber-MSG. 

Di pasaran, MSG sering kali dilabeli pada produk makanan sebagai "hydrolyzed fat", "hydrolyzed protein,  atau "all natural preservatives". Karena itu, batasilah makanan penyebab migrain yang satu ini.

  1. Keju

Keju mengandung tiramin yang bisa mencetuskan gejala migrain. Kandungan tiramin pada keju bervariasi tergantung dari proses pengolahannya, cara fermentasi, usia keju, dan juga kontaminasi bakteri. Beberapa jenis keju yang memiliki kandungan tiramin yang tinggi, antara lain keju cheddar, mozzarella, parmesan, brie, dan blue cheese.

  1. Daging Olahan

Daging olahan merupakan makanan yang digemari banyak orang. Selain rasanya yang gurih, daging olahan seperti sosis, daging beku, dan hamburger juga praktis untuk disajikan. 

Namun, daging olahan sering kali mengandung pengawet nitrat untuk menjaga warna dan rasanya. Mengonsumsi ini dapat melepaskan nitrit oksida ke dalam darah dan menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak. Akibatnya, serangan migrain bisa terjadi. 

Bagi Anda yang memiliki riwayat migrain, hindarilah konsumsi makanan dan minuman pemicu migrain yang telah dijelaskan. Meski begitu, penyebab migrain pada setiap orang bisa berbeda-beda. Selain makanan dan minuman, migrain juga dapat dicetuskan oleh stres, kelelahan, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Jika memiliki pertanyaan seputar topik ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar