Sukses

Kanker Diwariskan secara Genetik dalam Bentuk Sama?

Jika orang tua atau keluarga Anda memiliki riwayat satu jenis kanker, bukan berarti Anda akan mengalami jenis kanker yang sama.

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu berpikir jika orang tua Anda mengalami kanker payudara, Anda perlu waspada agar tidak terkena kanker payudara juga. Memang betul penyakit kanker diturunkan secara genetik. Tapi bukan berarti jika orang tua atau keluarga Anda memiliki riwayat satu jenis kanker, Anda pun akan mengalami jenis kanker yang sama.

Bagaimana faktor genetik dapat menyebabkan kanker?

Setiap sel tubuh mengandung inti,  yang disebut dengan nukleus, di dalamnya. Sementara itu, di dalam nukleus terdiri atas 23 pasang kromosom yang mencakup gen.

Gen akan memberikan kode ke sel apa yang harus dilakukan. Kebanyakan kanker terjadi karena adanya “kesalahan gen” dalam proses pembelahan sel. Sehingga kerja sel menjadi tidak normal, membelah, dan tumbuh tidak terkontrol. Gen yang “salah” ini dapat diturunkan dari orang tua kepada anak.

Terlahir dengan gen kanker bukan berarti Anda pasti akan terkena kanker. Hanya saja, risiko Anda terkena kanker dapat meningkat dibandingkan orang lain yang tidak mewarisi gen kanker. Untuk satu jenis kanker terjadi, perubahan gen (mutasi) harus terjadi dan biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Kanker diwariskan secara genetik dalam bentuk yang sama?

Penelitian di Inggris menyebutkan, pada 2–3 kasus dalam setiap 100 jenis kanker yang didiagnosis (2–3%) berkaitan dengan faktor genetik. Dalam suatu keluarga dengan gen kanker, terdapat pola/tipe kanker yang spesifik. Semakin banyak anggota keluarga Anda menderita jenis kanker yang sama/berhubungan, dan semakin muda mereka terdiagnosis, maka risikonya semakin tinggi.

Jenis-jenis kanker tertentu dapat saling berhubungan. Misalnya, kanker payudara dan kanker ovarium dapat sama-sama menurun di keluarga. Atau kanker kolon dan kanker endometrium dapat menurun bersamaan di keluarga. Kondisi ini disebut dengan family cancer syndrome.

Jenis tumor jinak (bukan kanker) dan kondisi medis tertentu juga dapat saling berhubungan. Misalnya, jika anggota keluarga Anda memiliki neoplasia endokrin multipel, risiko anggota keluarga yang lain untuk terkena kanker tiroid dapat meningkat.

Risiko kanker tak hanya meningkat dan diwariskan oleh faktor genetik. Tidak memiliki riwayat anggota keluarga yang kanker, bukan berarti membuat Anda terbebas dari risiko kanker. Pola makan dan gaya hidup juga tak kalah penting untuk meningkatkan risiko kanker.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar