Kesehatan Anak

Pertolongan Pertama untuk Anak yang Tersedak

dr. Kartika Mayasari, 12 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jika tidak segera mendapatkan pertolongan, anak yang tersedak mungkin saja mengalami risiko buruk seperti kematian.

Pertolongan Pertama untuk Anak yang Tersedak

Tersedak merupakan kondisi akibat benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan, yang merupakan jalur bagi udara untuk keluar-masuk. Benda asing tersebut bisa berupa makanan yang terlalu besar yang dikonsumsi anak.

Selain itu, anak juga bisa tersedak mainan. Misalnya, anak usia dua tahun diberikan mainan untuk anak usia di atas tiga tahun yang berukuran kecil. Sedangkan, mainan untuk anak usia dua tahun biasanya berukuran besar, dan tidak cukup bila hendak dimasukkan ke dalam mulut anak. Jadi, anak mungkin saja tersedak mainan.

Bila tidak segera mendapatkan pertolongan, anak yang tersedak mungkin saja mengalami risiko buruk seperti kematian. Sebab secara normal, manusia hanya mampu bertahan paling lama tiga menit dalam keadaan tanpa oksigen.

Pertolongan untuk anak usia di bawah satu tahun sebagai berikut:

  1. Meminta pertolongan kepada yang memahami penanganan anak tersedak.
  2. Jangan memasukkan jari ke dalam mulut si Kecil untuk mengeluarkan benda asing.
  3. Tengkurapkan si Kecil, lalu sangga tubuhnya dengan paha Anda, sehingga posisi kepala lebih rendah dari badan, kemudian tepuk punggung sebanyak lima kali.
  4. Jika tidak berhasil dengan posisi tersebut, Anda dapat membalikkan tubuh si Kecil menjadi telentang, kemudian tekan bagian dadanya sebanyak lima kali.
  5. Anda dapat mengulangi gerakan 3 atau 4 sampai benda asing bisa dikeluarkan.

Lalu, pertolongan pertama untuk anak tersedak yang berusia di atas satu tahun adalah sebagai berikut:

  1. Perintahkan anak untuk batuk.
  2. Jika tidak berhasil, minta anak untuk membungkukkan badan, tahan bagian perut anak dengan tangan kiri Anda, kemudian tepuk punggung anak dengan tangan kanan Anda sebanyak lima kali.
  3. Jika belum berhasil, Anda dapat melakukan gerakan abdominal thrust yaitu dengan melingkarkan lengan Anda ke perut anak, dan buat genggaman dengan tangan Anda sendiri di atas pusar anak. Setelah itu, buat hentakan ke arah atas.
  4. Anda dapat mengulangi gerakan 2 atau 3 hingga benda asing dapat dikeluarkan.

Bila usaha-usaha di atas tidak dapat mengeluarkan benda asing yang menyebabkan tersedak, Anda harus secepatnya membawa anak ke klinik terdekat. Ini penting supaya anak segera mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

[BA/ RVS]

AnakTersedakPertolongan Pertama

Konsultasi Dokter Terkait