Sukses

Hai Suami, Pahami Gejala Haid yang Dialami Istri Anda

Baca artikel ini untuk mengenali gejala haid dan perubahan mood yang tidak terduga, saat istri Anda tengah menstruasi.

Klikdokter.com, Jakarta Wanita cuma ingin dimengerti. Syair sebuah lagu itu rasanya ada benarnya. Terlebih lagi ketika istri Anda tengah mengalami menstruasi atau  haid. Gejala haid yang berubah-ubah dan tidak bisa diduga membuat mood wanita juga ikut terpengaruh. Akibatnya, Anda sebagai suami yang biasanya menjadi ‘korban’.

Jika ‘sang tamu’ sudah datang dan istri Anda tiba-tiba moody, mudah tersinggung hingga uring-uringan, Anda tidak perlu panik. Gejala-gejala tersebut timbul akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh wanita saat haid. Itulah yang dinamakan premenstruation syndrome.

Nah, sebagai suami, Anda juga perlu memahami apa yang tengah dirasakan oleh istri Anda ketika ia sedang haid. Caranya, kenalilah sejumlah gejala haid dan berikan dukungan kepada istri Anda, seperti yang disarankan dr. Ellen Theodora berikut ini:

1. Kenali tanda fisik dan psikis

Menurut dr. Ellen, saat haid, wanita biasanya mengalami sejumlah gejala fisik dan psikis yang ditandai dengan rasa pusing, mual, nyeri, pegal, cemas, perasaan lebih sensitif, saraf tegang dan perasaan labil. Sebagian wanita bahkan mengalami depresi ringan sampai sedang, saat sebelum haid.

2. Gejala tidak selalu sama

Para suami harus jeli, bahwa gejala-gejala yang dialami istri yang tengah haid, sangat spesifik pada setiap individu. Anda tidak perlu membandingkan gejala haid yang dialami istri Anda dengan istri teman Anda. Gejala yang terjadi pada setiap wanita berbeda-beda.

3. Berikan dukungan

Sebagai suami, Anda jelas perlu memberikan dukungan bagi istri Anda yang sedang haid. Berikan dukungan psikologis kepada istri Anda saat ia sedang haid, khususnya ketika ia mengalami nyeri haid. Berusahalah untuk memahami kondisi emosinya yang tidak stabil saat haid.

4. Berikan sentuhan

Ketika istri Anda tengah haid, tawarkan pijat ringan untuknya. Pijatlah di bagian kaki, pinggang, punggung, atau kepala, sesuai permintaannya, untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Gunakan minyak kayu putih atau minyak aromaterapi lain yang disukainya, untuk membuatnya merasa nyaman.

Nah, sekarang Anda sudah tahu sejumlah gejala haid yang dialami istri Anda. Dukungan yang Anda berikan bisa meringankan ‘derita’ akibat nyeri haid, yang dialami istri Anda. Jadi, sudahkah Anda memberikan dukungan kepada istri Anda saat ia haid?

[RVS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar