Sukses

5 Kiat Mudah Atasi Serangan Asma

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat terjadi serangan asma.

Klikdokter.com, Jakarta Asma merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan bernapas karena berbagai alasan. Saat mengalami serangan asma, penderita kerap menggunakan alat bernama inhaler untuk mengatasi asma yang dideritanya.

Namun, bagaimana jika isi inhaler kosong atau tertinggal? Menurut Richard Firshein dari The Firshein Center for Integrative Medicine dan penulis Reversing Asthma: Breathe Easier with This Revolutionary New Program , terdapat beberapa cara sederhana untuk meredakan serangan asma di antaranya:

1. Segera pindah lokasi

Asma biasanya terjadi karena dipicu oleh iritasi, baik karena alergen atau toksin. Jadi, cara pertama yang harus dilakukan adalah hindarkan tubuh Anda dari segala lingkungan yang bisa menjadi pemicu timbulnya asma.

Jika Anda bereaksi terhadap debu, hewan peliharaan, jamur atau asap, menjauhlah dari sana. Untuk mengurangi paparan, cara paling cepat yang bisa Anda lakukan adalah bernapas melalui lengan atau kerah baju Anda.

2. Berbicaralah

Mencoba berbicara dengan seseorang dapat mengurangi kecemasan yang Anda alami akibat serangan asma. Ini sangat membantu untuk mengurangi serangan asma agar tidak semakin memburuk.

3. Siapkan kopi atau teh panas

Konsumsi satu cangkir kopi atau teh dapat membuat lonjakan pada detak jantung Anda. Kafein yang terdapat di kedua minuman itu dimetabolisme menjadi teofilin, yang juga merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati asma, dengan merileksasi saluran udara dan mengurangi respon paru-paru terhadap iritasi.

Kafein bisa didapatkan dari sumber manapun seperti minuman berenergi atau suplemen. Namun, kafein yang diperoleh dari teh atau kopi adalah yang terbaik.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Mengatur pernapasan

Banyak orang panik saaat mereka mengalami serangan asma, akibatnya mereka akan bernapas lebih cepat. Bernapas lebih cepat justru membatasi jumlah oksigen yang didapatkan paru-paru. Hal ini justru akan semakin memperburuk keadaan.

Menghembuskan napas lewat bibir akan membantu memperlambat pernapasan, dan membiarkan saluran udara terbuka lebih lama.

5. Melakukan penekanan

Lakukan tekanan pada bahu bagian depan (tepat di atas ketiak) karena melakukan tekanan pada area ini selama beberapa menit dapat membuat Anda lebih rileks.

Asma adalah sebuah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penderita asma harus mengetahui secara pasti apa yang menjadi pencetus serangan asma. Lakukan identifikasi pemicu asma terlebih dahulu sehingga dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar