Sukses

Sering Olahraga, Kok Malah Bikin Sendi Bermasalah?

Olahraga kadang dapat memicu terjadinya nyeri sendi. Ketahui penyebabnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga telah terbukti mampu meningkatkan kualitas kesehatan manusia.  Tidak hanya jantung, organ lainnya seperti paru-paru, otak, sendi, dan tulang juga ikut menjadi sehat. Namun terkadang olahraga juga dapat menyebabkan nyeri sendi.

Tapi perlu diketahui bahwa bukan berarti semua jenis olahraga serta-merta akan mengakibatkan nyeri sendi. Ada banyak faktor yang dapat memicu nyeri sendi yang berhubungan dengan olahraga, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

  1. Faktor Internal

Faktor internal terdiri atas berat badan dan kelainan-kelainan tulang atau sendi yang ada pada seseorang.

Orang yang memiliki berat badan yang berlebih seperti pada obesitas akan lebih mudah mengalami nyeri sendi, terutama sendi yang menopang beban tubuh seperti sendi lutut. Karena beban yang diterima oleh sendi akan semakin banyak, maka akan mempermudah terjadinya kerusakan pada sendi.

Selain berat badan yang berlebihan, bentuk tulang atau sendi yang tidak normal juga dapat mempermudah terjadinya kerusakan pada sendi dan berujung pada nyeri sendi. Contohnya, pada orang yang memiliki bentuk lutut O dan X akan lebih mudah mengalami nyeri sendi ketika berolahraga.

  1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang paling berpengaruh terhadap nyeri sendi adalah jenis olahraga yang dimainkan atau ditekuni.

Pada olahraga yang membutuhkan banyak pergerakan dan gerakan meloncat seperti basket, sepak bola, dan rugby akan memberikan beban tambahan pada sendi dan meningkatkan risiko terjadinya cedera.

Semakin banyak gerakan sendi yang dilakukan, misalnya pada olahraga badminton, maka kemungkinan untuk terjadinya nyeri sendi akan lebih besar.

Sebagai kesimpulan, nyeri sendi  sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk olahraga. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti berat badan, kelainan bentuk tulang atau sendi, serta jenis olahraga yang ditekuni.

Semakin intens atau semakin sering olahraga dilakukan, tentunya juga dapat meningkatkan risiko terjadinya nyeri sendi. Tetapi dengan tubuh yang bugar, teknik melakukan olahraga yang tepat, dan tidak berlebihan, maka kemungkinan untuk terjadinya nyeri sendi dapat diminimalkan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar