Sukses

Seberapa Aman Gelas Minum Anda bagi Kesehatan?

Tidak semua gelas minum aman untuk digunakan. Cari tahu ciri-cirinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang kurang peduli terhadap gelas minum yang digunakan. Padahal ada jenis gelas minum tertentu, yang dapat mendatangkan sederet dampak buruk bagi kesehatan. Tahukah Anda tentang hal ini?

Peneliti dari University of Plymouth memeriksa 72 gelas bekas dan baru, yang antara lain terdiri dari tumbler, gelas bir dan gelas anggur. Sekitar 7 dari 10 gelas yang diuji positif mengandung unsur timbal atau plumbum dan kadmium di dalamnya.

“Kehadiran unsur-unsur berbahaya pada gelas yang mengandung cat dan glasir tersebut memiliki implikasi yang jelas bagi kesehatan manusia maupun lingkungan,” kata pemimpin studi, Andrew Turner.

Beberapa tes yang dilakukan menunjukkan bahwa kadar timbal pada gelas 1.000 kali lebih tinggi dari ambang batas yang boleh diterima tubuh. Selain itu, kandungan timbal pada gelas tersebut juga diketahui dapat menyebabkan kanker, pelunakan tulang dan masalah pada ginjal.

“Ada risiko kesehatan yang ditimbulkan jika menelan kandungan itu dalam waktu lama. Jadi ini jelas merupakan masalah yang harus dipikul oleh industri barang pecah belah internasional sebagai kegawatdaruratan,” kata Turner.

Atas dasar itu, peneliti meminta para konsumen untuk lebih bijak dalam memilih gelas minum yang hendak digunakan. Jangan terpancing membeli dan menggunakan hanya karena bentuknya yang indah.

Terlepas dari kandungan bahan kimia yang terdapat pada gelas minum. Penyakit juga dapat berkembang apabila Anda menggunakan gelas berulang-ulang tanpa mencucinya dengan benar.

Itu karena mikroorganisme dapat berpindah dari mulut ke gelas, dan tumbuh dengan subur dalam media lembap seperti air. Jadi, gelas juga berpotensi menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri, mikroba, parasit, bahkan menjadi media penularan penyakit.

Setelah mengetahui fakta di atas, Anda sebaiknya lebih cermat dalam memilih gelas minum yang hendak digunakan. Jangan sampai gara-gara benda yang satu ini Anda justru terserang penyakit yang serius.

[NB/ RVS]

1 Komentar

  • Dwi Sarlita

    Jadi kesimpulannya, ciri2 gelas yang aman itu yang bagaimana? berbahan apa? maaf, tapi penjelasannya kurang lengkap dan tidak memberikan solusi (selain kebersihan gelas)