Sukses

Bangun Percaya Diri dengan Bentuk Tubuh Sendiri

Merasa bentuk tubuh kurang menarik? Jangan khawatir, Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut ini agar tampil lebih percaya diri.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak perempuan yang memiliki bentuk tubuh gemuk, sering merasa tidak percaya diri. Padahal, rasa tidak percaya diri tersebut bisa muncul akibat prasangka buruk yang datang dari dalam pikiran, terhadap diri sendiri.

Nah, jika Anda termasuk salah satu wanita yang memiliki ukuran tubuh cukup besar, lakukan beberapa kiat yang dikutip dari Healthline berikut ini, agar tampil lebih percaya diri di depan banyak orang:

1. Berteman dengan orang-orang yang positif

Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang berpikiran positif, maka penilaian Anda terhadap diri sendiri dan orang lain juga akan positif. Dukungan dari orang-orang di sekitar Anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Anda perlu menyadari bahwa orang-orang di luar sana punya pikiran yang sama positif dengan Anda.

2. Berikan penjelasan pada mereka yang selalu menilai bentuk tubuh Anda

Jika ada banyak orang di sekitar Anda memulai percakapan dengan membahas berat badan, berikan penjelasan kepada mereka tentang mengapa hal itu bisa terjadi. Biasanya, mereka yang memperkarakan berat badan tidak mengerti sudut pandang orang lain. Anda dapat menggunakan pengetahuan Anda, agar orang lain mengerti. Pepatah lama mengatakan, bunuhlah mereka dengan kebaikan.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap orang tentu pernah membandingkan kondisi diri sendiri dengan orang lain, terlebih di era media sosial seperti saat ini. Anda mungkin juga demikian. Ketahuilah, sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan menimbulkan rasa kecewa.

Ingat, media sosial kerap kali memperlihatkan kehidupan yang bahagia dan mudah. Namun, tidak semua hal itu benar. Setiap orang punya jalur masing-masing, dan akan berprestasi dengan cara yang berbeda-beda. Anda hanya perlu fokus pada jalan Anda sendiri.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Berkarya

Menjadi orang yang kreatif akan memberi Anda rasa percaya diri yang tinggi. Untuk menjadi kreatif dan dapat menghasilkan ide orisinal, Anda dapat menggunakan imajinasi. Anda harus dapat menemukan cara Anda sendiri dalam berkarya.

5. Persepsi adalah kenyataan

Anda akan lebih percaya diri jika memiliki ‘kekuatan persepsi’, bahkan dalam situasi terpuruk. Persepsi mempunyai sifat subjektif, karena bergantung pada kemampuan dan keadaan dari masing-masing individu, sehingga akan ditafsirkan berbeda oleh setiap individu. Oleh karena itu, Anda harus membangun persepsi diri sendiri secara positif.

6. Kritik terburuk berasal dari diri sendiri

Saat menatap tubuh di depan cermin dalam waktu lama, Anda mungkin akan menemukan banyak kekurangan. Perilaku ini sebenarnya memberikan peluang kepada diri sendiri untuk memperbaiki hal-hal kecil yang luput dari perhatian. Tetapi, jangan biarkan diri Anda terlampau kritis, sehingga membuat harapan yang tidak realistis.

7. Selalu bersyukur

Bersyukurlah untuk setiap bagian tubuh Anda. Sadarilah bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang tidak merasakan ‘kemewahan’ seperti Anda. Hitunglah pula setiap berkat yang Anda dapatkan setiap hari.

Setelah mengubah cara pandang Anda tentang bentuk tubuh, tidak ada salahnya untuk mengubah penampilan menjadi lebih menarik. Merawat diri, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin olahraga adalah beberapa alternatif untuk memperbaiki penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar