Sukses

Mengenal Tingkat Kolesterol dalam Darah

Kapan seseorang dianggap mengalami kolesterol tinggi? Yuk, kenali tingkat kolesterol dan dampaknya bagi tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Zaman sekarang, kolesterol tinggi merupakan hal yang lumrah ditemui. Data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013 menunjukkan bahwa lebih dari 70% masyarakat Indonesia mengalami gangguan kolesterol.

Faktanya, tak semua kolesterol berbahaya bagi tubuh. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengenal jenis-jenis kolesterol berikut ini.

  1. Kolesterol total

Terdapat tiga jenis kolesterol terbanyak di tubuh, yaitu kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL), kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL), dan trigliserida.

Kolesterol total menggambarkan jumlah seluruh jenis kolesterol tersebut dalam tubuh. Anda memiliki kolesterol total yang tinggi bila kadarnya ≥100 mg/dl.

  1. Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL)

Kolesterol LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat. Pasalnya, bila kadar kolesterol ini terlampau tinggi, ia akan tertumpuk di jaringan serta pembuluh darah, dan menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan gangguan pembuluh darah lainnya.

Menurut American Heart Association, kadar LDL yang optimal adalah <100 mg/dl. Bila Anda memiliki penyakit jantung dan diabetes melitus, kadar LDL <70 mg/dl merupakan kadar yang disarankan agar jantung tetap sehat.

  1. Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL)

Kolesterol HDL sering disebut sebagai kolesterol baik, karena bekerja memindahkan kolesterol LDL yang menumpuk di pembuluh darah ke hati untuk dimetabolisme. Oleh karena itu, kadar kolesterol HDL yang tinggi sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Kadar HDL yang dianjurkan adalah 60 mg/dl ke atas.

  1. Trigliserida

Trigliserida berasal dari kelebihan karbohidrat, yang diubah menjadi lemak di hati. Kelebihan trigliserida dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Anda memiliki trigliserida yang tinggi bila kadarnya ≥150 mg/dl.

Untuk dapat mengetahui kadar tiap jenis kolesterol tersebut, Anda perlu melakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Untuk hasil yang akurat dan optimal, Anda disarankan berpuasa selama 10-12 jam sebelum melakukan pemeriksaan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar