Sukses

9 Olahraga yang Aman untuk Usia di Atas 40 Tahun

Usia sudah di atas 40 tahun bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga, Namun, seperti apa olahraga yang aman dan cocok? Berikut di antaranya.

Menginjak usia 40 tahun bukan berarti Anda dapat bermalas-malasan dalam olahraga. Justru, olahraga untuk usia 40 tahun penting karena berat badan yang mulai bertambah.

Hanya saja, jenis dan intensitas olahraga bagi Anda sudah berumur paruh baya tidak sama seperti saat masih usia masih muda. Anda perlu memilih aktivitas fisik yang aman guna menghindari cedera yang mungkin terjadi.

Penasaran apa saja olahraga untuk umur 40 tahun yang disarankan? Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 6 halaman

1. Zumba

Zumba menggabungkan dansa dan koreografi. Latihan ini membuat lemak di paha, lengan, dan perut berkurang. Penumpukan lemak pada beberapa bagian tersebut umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan latihan mengangkat beban untuk membantu mengurangi nyeri yang berhubungan dengan artritis, kondisi peradangan pada sendi.

Artikel lainnya: Cara Hidup Sehat Saat Menginjak Usia 40 Tahun

2. Yoga

Yoga dapat membangun sekaligus mempertahankan kekuatan otot. Selain itu, yoga juga membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres.

Olahraga asal India ini cocok dipilih untuk Anda yang berusia di atas 40 tahun karena dapat menurunkan tekanan darah, serta mencegah dan mengurangi depresi.

2 dari 6 halaman

3. Barre

Barre adalah sebuah latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik. Isometrik dapat didefinisikan sebagai kontraksi otot dimana otot-otot tidak memanjang atau memendek, seperti tidak ada gerakan yang nyata, tetapi di dalam otot ada ketegangan.

Semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan diubah menjadi panas. Latihan ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Keduanya dapat menangkal cedera dan rasa nyeri.

4. Spin

Latihan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak ingin terjadi ketegangan di otot dan sendi. Gaya latihan ini tidak hanya membantu kesehatan jantung, tapi juga membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat.

Anda yang berusia lebih dari 40 tahun dan sedang dalam program menurunkan berat badan, dapat mencoba latihan ini.

Artikel lainnya: Lewat Usia 40 Tahun, Waspadai 10 Gangguan Kesehatan Ini

3 dari 6 halaman

5. Pilates

Jika mengalami nyeri di seluruh badan, Anda dapat mencoba mengikuti kelas pilates. Pilates dapat membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah cedera.

Pilates juga sangat baik untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah.

6. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang paling murah, mudah, dan dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Itulah sebabnya, aktivitas fisik ini dapat menjadi pilihan yang ideal sebagai olahraga untuk orang di atas 40 tahun.

Selain membakar kalori, berjalan kaki juga dapat menguatkan stamina dan meningkatkan mood Anda.

4 dari 6 halaman

7. Berenang

Berenang adalah olahraga untuk usia di atas 40 tahun yang ideal. Aktivitas ini termasuk ke dalam olahraga aerobik yang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, bermanfaat untuk kardio, serta tidak membebani sendi.

Anda yang memiliki masalah penyakit sendi pun aman untuk melakukannya.

Artikel lainnya: Pilihan Olahraga Terbaik yang Sesuai Jenjang Usia

8. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang sangat tren di masa pandemi ini. Selain banyak dilakukan oleh anak muda, bersepeda juga dapat menjadi pilihan olahraga untuk usia di atas 40 tahun.

Yang utama, jangan terlalu memaksakan diri saat menggowes. Ketahui seberapa jauh kemampuan fisik Anda. Bagi pemula, bersepedalah dalam jarak dekat dan jalanan yang datar terlebih dahulu.

5 dari 6 halaman

9. Latihan dengan Dumbell

Dumbell merupakan alat bantu olahraga yang ekonomis dan mudah didapat. Anda dapat melakukan berbagai variasi gerakan dengan dumbbell, terutama untuk melatih otot tangan.

Latihan strength training ringan bermanfaat untuk menjaga massa otot yang mulai menurun seiring pertambahan usia.

Itulah beberapa olahraga untuk usia di atas 40 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya. Hal ini penting guna menghindari efek samping di masa mendatang.

Yuk, dapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar