Sukses

Susah Bangun Pagi? Awas, Gejala Atypical Depression!

Tahukah Anda bahwa susah bangun pagi bisa menjadi gejala atypical depression?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang menganggap bahwa bangun pagi adalah hal yang sulit dan sangat menyebalkan. Meski terkesan sepele, ternyata susah bangun pagi juga bisa menjadi gejala dari atypical depression.

Apa itu Atypical Depression?

Atypical Depression adalah kondisi ketika Anda selalu merasa mengantuk berlebihan. Menurut seorang ahli, Gail Saltz, MD., dari health.com, ciri utama dari gangguan ini adalah terlalu banyak tidur dan tidak pernah merasa cukup. Hal inilah yang kemudian menyebabkan Anda sulit bangun di pagi hari.

Mengutip health.com, kondisi yang satu ini ternyata memiliki gejala yang sulit untuk dikenali sejak awal. Ini karena gejala atypical depression berbeda dengan gejala depresi pada umumnya.

Beberapa penderitanya pun sering terkecoh. Menurut ahli dari University of Michigan Comprehensive Depression Center, Michelle B. Riba, MD., keluhan yang banyak dilontarkan hanya seputar masalah tidur.

"Banyak orang datang ke dokter untuk mengeluh tentang masalah tidur, atau sakit kepala, tidak menyadari bahwa ini adalah gangguan mood, karena mereka tidak memiliki mood yang buruk," katanya.

Hal itu, katanya, mungkin karena tidak semua gejala depresi akan terjadi sekaligus. Seseorang mungkin akan merasakannya secara bertahap, dan membutuhkan waktu untuk mengenalinya. Bahkan beberapa gejala mungkin akan terjadi tanpa disadari, termasuk perasaan lelah meski sudah cukup tidur.

Tak hanya itu, atypical depression juga tidak diikuti dengan penurunan nafsu makan, sehingga semakin sulit untuk dideteksi. Karena pada umumnya, saat seseorang merasa benar-benar lelah dan hanya ingin tidur, minat pada aktivitas lain termasuk makan akan menurun drastis.

Namun tentu saja, atypical depression bukanlah satu-satunya alasan mengapa Anda sulit bangun pagi. Ada banyak faktor lain seperti kurang tidur, atau bahkan penyakit serius.

Jika Anda merasa ragu dan mencurigai kebiasaan sulit bangun pagi, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti. Apakah kondisi tersebut disebabkan oleh atypical depression, atau karena gangguan kesehatan lainnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar