Sukses

5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Jumlah ASI

Ingin meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI)? Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik untuk bayi. Namun banyak ibu yang khawatir akan produksi ASI, dan merasa bahwa mereka menghasilkan sedikit ASI. Alhasil, tidak sedikit ibu yang memutuskan untuk juga memberikan susu formula kepada bayi. Padahal, sebagian besar ibu menyusui dapat menghasilkan ASI yang cukup untuk si Kecil.

Bila memang merasa bahwa produksi ASI sangat minim, seperti dikutip dari Parents, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini untuk meningkatkan jumlah ASI: .

  1. Bayam

Bayam merupakan sayur yang kaya akan zat besi. Sebuah studi menunjukkan, kadar zat besi yang rendah berkaitan dengan suplai susu yang rendah pula. Selain bayam, makanan yang juga mengandung zat besi yaitu hati, daging merah, kacang kedelai, dan tahu.

  1. Bawang putih

Bawang putih dipercaya mengandung senyawa kimia yang mampu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, bawang putih juga dipercaya mampu mencegah kanker.

  1. Wortel

Vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat meningkatkan kualitas ASI Anda. Vitamin A juga banyak terdapat di dalam bayam, ubi jalar, dan semangka.

  1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui. Asparagus merupakan makanan yang mengandung serat, vitamin A, dan vitamin K. Rutin mengonsumsi asparagus membantu menstimulasi hormon penting pada ibu yang sedang menyusui.

  1. Salmon

Salmon mengandung omega-3 yang sangat bergizi dan penting bagi ibu menyusui. Rutin mengonsumsi salmon dipercaya dapat meningkatkan hormon yang berperan dalam proses laktasi.

  1. Air

Meski bukan termasuk dalam kategori makanan, air juga berperan dalam pembentukan ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui rentan dehidrasi atau cepat haus. Saat menyusui, menambah asupan air 2.25-2.7 liter dalam sehari sangat penting.

Jadi, itulah tadi beberapa makanan atau asupan yang sangat penting untuk meningkatkan produksi ASI. Di samping itu, Anda perlu membatasi asupan gula, garam, lemak, dan makanan olahan. Hindari pula alkohol, sebab bisa menghambat pertumbuhan bayi.

[BA/ RVS]

1 Komentar