Sukses

5 Sumber Protein Terbaik bagi Vegetarian

Bagi Anda para vegetarian, sumber protein terbaik bisa Anda peroleh dari bahan makanan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Protein merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh, karena berfungsi untuk membangun jaringan sel, otot dan tulang. Oleh sebab itu, tubuh Anda membutuhkan asupan sumber protein yang cukup, tak terkecuali bagi Anda para vegetarian.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, wanita membutuhkan sekitar 46 gram protein dan pria sekitar 56 gram agar tetap sehat dan mempertahankan struktur otot dalam tubuhnya.

Akan tetapi, bagi Anda yang sedang menjalani diet vegetarian tentu tidak bisa sembarang mengambil protein yang bersumber dari hewani.

Berikut ini adalah beberapa sumber protein yang bisa dikonsumsi para vegetarian:

  • Tahu

Tahu terbuat dari perasan biji kedelai. Dalam 100 gram tahu mengandung 8 gram protein.  Meskipun protein – baik nabati maupun hewani - dicerna dengan cara yang berbeda oleh tubuh, kedelai adalah pengganti sumber protein yang baik ketimbang daging.

  • Susu

Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang kaya akan kalsium dan protein. Dalam 100 gram susu sapi mengandung sekitar 3 gram protein. Sementara itu dalam 100 gram keju mengandung 25 gram protein. Namun, perlu Anda ingat bahwa susu kemasan yang beredar di pasaran memiliki kandungan protein yang tidak tinggi.

Selain itu, mengonsumsi yoghurt bisa menjadi cara yang bagus untuk menambahkan protein dalam tubuh. Setiap 100 gram yoghurt mengandung sekitar 6 gram protein.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Dua bahan makanan ini merupakan bentuk sumber protein dan lemak esensial yang mudah dikonsumsi. Kacang almon, kacang mede, biji chia dan biji rami adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan protein. Dalam 30 gram almon mengandung sekitar 6 gram protein.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan protein dari kacang polong. Dalam satu gelas kacang polong, terkandung 7,9 gram protein.

  • Tempe

Seperti halnya tahu yang terbuat dari kedelai, tempe juga terbuat dari sumber yang sama. Kacang kedelai yang difermentasi ini menghasilkan bakteri yang bermanfaat untuk saluran pencernaan. Proses fermentasi juga mampu memecah karbohidrat.

Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang mengalami masalah dengan pencernaan. Setengah gelas kacang kedelai bahkan dapat menyediakan protein hingga 18 gram.

  • Telur

Memulai hari Anda dengan mengonsumsi telur dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebih di hari yang sama. Telur adalah sumber nutrisi yang penting karena dapat membuat sel berfungsi dengan baik. Dalam 1 telur terdapat 6 gram protein.

Selain itu, kuning telur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata.

Nah, itulah beberapa bahan makanan sumber protein yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein harian, terutama bagi Anda para vegetarian. Meskipun menjalani diet vegetarian, tetaplah penuhi kebutuhan asupan protein bagi tubuh agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar