Sukses

6 Gejala pada Tubuh yang Tidak Boleh Diabaikan

Jangan anggap sepele keluhan pada tubuh Anda. Sebab, ada beberapa gejala serius yang segera membutuhkan penanganan dokter.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar rasa sakit dan nyeri yang muncul di tubuh bukan merupakan tanda penyakit serius. Akan tetapi, seperti dikutip dari WebMD, ada beberapa gejala tertentu yang perlu perhatian ekstra. Anda harus segera menemui dokter bila merasakan keluhan-keluhan berikut ini:

  1. Melemahnya lengan dan kaki Anda

Lemas atau mati rasa di lengan, kaki, atau wajah bisa jadi merupakan tanda penyakit stroke, terutama bila mati rasa hanya terjadi pada satu sisi tubuh Anda. Selain itu, gejala stroke juga dapat dikenali jika Anda tidak dapat menjaga keseimbangan tubuh, disertai pusing dan kesulitan untuk berjalan.

Bila mengalami keluhan tersebut, Anda harus segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dengan cepat. Jika terlalu lama mendapatkan penanganan, Anda berisiko mengalami kecacatan jangka panjang.

  1. Nyeri di dada

Setiap kali merasakan nyeri dada, terutama disertai dengan gejala berkeringat, sesak napas, atau mual, Anda harus segera mendapatkan penanganan dari tenaga medis. Nyeri dada bisa menjadi tanda penyakit jantung atau serangan jantung, terutama jika muncul saat sedang aktif beraktivitas. Jika hal tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit, Anda harus segera meminta pertolongan medis. Jangan mencoba untuk mengatasinya sendiri.

  1. Nyeri di bawah kaki

Hal ini bisa menjadi gejala bahwa ada darah yang beku di kaki Anda. Kondisi ini biasa disebut deep vein thrombosis (DVT), atau gejala yang muncul saat Anda duduk terlalu lama. Jika memang merupakan pembekuan darah, maka rasa sakit akan muncul saat Anda berdiri atau berjalan.

  1. Ada darah di urine

Jika terdapat darah di dalam urine dan merasakan rasa sakit di bagian punggung, Anda bisa jadi memiliki batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di ginjal. Pada beberapa kasus, batu ginjal yang keluar bersama urine bisa sangat menyakitkan. Sementara itu, bila melihat darah tanpa merasakan sakit, ini bisa menjadi tanda kanker ginjal atau kandung kemih. Jadi, segeralah menemui dokter.

  1. Sesak napas

Masalah pernapasan akan menjadi bencana jika tidak segera ditangani dengan cepat. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh asma, penyakit paru-paru, alergi, atau paparan bahan kimia. Sesak napas juga bisa disebabkan oleh pneumonia atau bronkitis.

Jadi, itulah beberapa gejala pada tubuh yang tidak boleh diabaikan. Anda harus segera menemui dokter bila mengalami salah satu atau beberapa keluhan di atas. Menunda memeriksakan diri justru akan memperparah keadaan.

[BA/ RVS]

1 Komentar