Sukses

Olahraga Lindungi Lansia dari Ancaman Demensia

Olahraga ternyata dapat mencegah kaum lanjut usia (lansia) dari demensia.

Klikdokter.com, Jakarta Menteri Olahraga Inggris, Tracey Crouch mengatakan, kurangnya waktu untuk melakukan olahraga dapat menjadi ancaman kesehatan, khususnya untuk orang yang telah lanjut usia. Melihat hal tersebut, ia terus mendorong kaum lansia untuk rutin olahraga demi menangkal sejumlah penyakit seperti demensia, kanker dan jantung.

“Olahraga bahkan bisa memerangi depresi dan membantu mengatasi kesepian. Itu merupakan sesuatu yang dapat berdampak buruk pada kesehatan ketimbang merokok dan obesitas,” ujarnya.

Terlebih, Crouch menyebut minimnya waktu untuk olahraga seperti ‘pembunuh tersembunyi’ karena berkontribusi terhadap satu dari enam kematian di Inggris.

“Masalahnya adalah bahwa begitu orang melewati usia tertentu, mereka cenderung merasa terintimidasi untuk terlibat dalam aktivitas fisik apapun, mungkin saja mereka merasa malu, atau merasa tidak memiliki kekuatan untuk itu. Tetapi saya sangat yakin bahwa olahraga itu untuk semua orang,” ungkapnya.

Sementara itu, seperti dikutip dari The Telegraph, Menteri Negara urusan Anak dan Keluarga, Edward Timpson melakukan cara untuk mengantisipasi terjadinya demensia pada fase lansia dengan membiasakan melakukan olahraga teratur di sekolah.  

“Ketentuan untuk anak-anak dan remaja untuk terlibat dalam aktivitas olahraga telah menjadi perhatian negara. Kami ingin melihat anak-anak sehat dan bahagia, serta menjadi orang dewasa yang sehat,” kata Edward.

Melihat betapa pentingnya olahraga untuk kesehatan seseorang di usia lanjut, Pemerintah Inggris telah memanfaatkan aplikasi olahraga dan kebugaran pada gawai sebagian besar penduduk Inggris untuk menentukan olahraga yang tepat.

Sebagaimana diketahui, demensia bukanlah sebuah penyakit yang spesifik namun merupakan sebuah gejala yang memengaruhi kemampuan daya ingat, pikiran dan kemampuan berbahasa. Pada umumnya, demensia menyerang mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Melakukan olahraga sejak dini sangat penting dilakukan lantaran dapat mencegah ancaman demensia saat lansia. Selain itu, kaum lansia tak menutup kemungkinan juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar