Sukses

Bahaya di Balik Penggunaan Kosmetik Setiap Hari

Kebutuhan untuk terlihat cantik membuat wanita merasa perlu memakai kosmetik. Tapi amankah jika digunakan setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Selain memiliki keuntungan untuk menutupi noda di wajah seperti flek atau jerawat, kosmetik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Tak heran berbagai produk kosmetik dan perawatan kulit membanjiri pasar Indonesia.

Berbagai jenis produk kimia yang terkemas di eye shadow, maskara, lipstik, serta bedak, sudah menjadi satu paket lengkap yang dibubuhkan di wajah Anda. Namun ternyata, penggunaan kosmetik setiap hari mengandung bahaya tersendiri. Berikut ini penjelasannya:

-Foundation dan bedak

Produk yang paling sering digunakan ini dapat merangsang produksi minyak berlebih. Jika tidak segera dibersihkan maka dapat menyumbat pori-pori kulit dan dapat menimbulkan jerawat.

-Eyeshadow, eye liner, bulu mata palsu dan maskara

Produk yang berfungsi untuk mempercantik bagian mata tersebut, ternyata dapat membuat bulu mata rontok, iritasi mata, serta membuat mata menjadi kering.

Jika Anda tidak membersihkan riasan mata secara baik, ancaman kebutaan dapat terjadi, karena adanya kotoran yang memblokir saluran air mata dan mengurangi kelembapan mata.

-Lipstik

Produk yang satu ini kerap mengandung zat aluminium yang dapat menyebabkan anemia dan intoleransi glukosa. Terlebih, jika pemulas bibir ini tertelan dan tercampur makanan, dapat mengakibatkan masalah pernapasan.

Selain itu bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, penggunaan kosmetik setiap hari dapat menimbulkan efek alergi seperti kulit gatal dan memerah. Akibatnya, terjadi  kerusakan pada tekstur, perubahan warna kulit dan mempercepat penuaan dini.

Oleh karena itu, saat membeli kosmetik, pilihlah produk yang tepat bagi kulit Anda. Jangan pernah malas untuk membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik. Selain itu, seimbangkan pula dengan makanan bergizi dan minum air putih untuk tetap menjaga kelembapan kulit Anda.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar