Sukses

Manfaat Hebat Meditasi bagi Kehidupan Anda

Kesibukan bukanlah halangan bagi Anda untuk melakukan meditasi. Pasalnya, berbagai manfaat sehat berikut ini sayang untuk dilewatkan.

Meditasi adalah proses untuk melatih pikiran agar menjadi lebih fokus dan terarah.  Banyak studi menunjukkan bahwa rutin meditasi dapat memberikan banyak manfaat, baik secara jasmani maupun rohani.

Selain itu, manfaat meditasi dapat membantu Anda membangun kebiasaan baik, seperti kedisiplinan dan pola tidur yang teratur.

Ada beberapa tipe meditasi, tetapi yang paling umum adalah tipe focused-attention dan open-monitoring. Walaupun memiliki banyak jenis, semua meditasi memberikan manfaat kesehatan yang sama. Berikut ini adalah manfaat meditasi bagi kesehatan:

1 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Fokus

Meditasi dapat membantu Anda untuk lebih fokus sehingga akan meningkatkan konsentrasi Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Manfaat meditasi tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satu penelitian yang membuktikannya dilakukan di Carnegie Mellon University tahun 2016.

Artikel Lainnya: Meditasi, Cara Sehat agar Remaja Bebas Stres

Penelitian tersebut melibatkan 35 orang dewasa yang sedang mencari pekerjaan. Partisipan kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang melakukan meditasi dan kelompok yang tidak melakukannya.

Hasilnya, kelompok yang melakukan meditasi menunjukkan peningkatan aktivitas pada bagian otak yang mengatur atensi. Sementara itu, kelompok yang tidak melakukan meditasi tidak menunjukkan peningkatan pada bagian otak yang sama.

2. Menangani Masalah Mental dan Pikiran Negatif

Mungkin beberapa orang melewati hari dengan pikiran-pikiran khawatir dan sebagainya. Namun, orang cenderung menyingkirkan pikiran negatif tersebut daripada mencoba memahaminya.

Manfaat bermeditasi akan terbantu Anda untuk lebih menyadari apa yang sesungguhnya Anda rasakan dan pikirkan. Hal ini tentunya dapat mengurangi kekhawatiran yang berkecamuk.

Artikel Lainnya: Yuk, Lakukan Meditasi Kundalini untuk Tangkal Stres!

Ada beberapa penelitian terkait manfaat meditasi yang satu ini. Sebuah penelitian yang melibatkan hampir 3.000 orang menyebutkan, aktivitas meditasi dapat menurunkan gejala depresi, kecemasan, dan bahkan rasa sakit fisik.

Penelitian lainnya menunjukkan orang yang melakukan meditasi cenderung lebih berpikiran positif ketika mengalami kejadian buruk dibandingkan yang tidak meditasi.

2 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat meditasi berikutnya adalah meningkatkan aliran darah ke otak. Inilah yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya ingat.

Bahkan pada orang-orang yang memiliki masalah memori seperti demensia, meditasi dapat membantu perbaikan daya ingat. Meditasi juga dapat mencegah penurunan daya ingat akibat usia tua, lho!

4. Memperkuat Hubungan dengan Orang Lain

Seorang ahli saraf melakukan penelitian terhadap orang yang rutin melakukan meditasi dan mereka yang baru memulai meditasi. Hasilnya, mereka yang bermeditasi secara teratur mengalami peningkatan aktivitas di area otak yang berhubungan dengan empati.

Kondisi tersebut dapat membantunya berhubungan baik dengan orang lain. Pasalnya, mereka lebih dapat membaca dan memahami perasaan orang lain.  

Artikel Lainnya: Kenali Tipe Meditasi yang Cocok untuk Anda

3 dari 6 halaman

5. Meredakan Stres

Manfaat meditasi bagi kesehatan lainnya adalah mengurangi stres. Manfaat ini diperoleh dari kemampuan meditasi dalam membantu menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih rileks setelah melakukan meditasi.

6. Membantu Mengatasi Adiksi

Meditasi dapat membantu menurunkan adiksi seseorang terhadap obat-obatan maupun alkohol. Manfaat meditasi ini salah satunya diperoleh dengan meningkatkan kesadaran akan adiksi dan memungkinkan seorang pecandu mengatur kecanduannya.

Manfaat meditasi tidak sampai di situ. Selain mengobati adiksi, meditasi juga dapat mencegah kekambuhan terhadap kecanduan obat.

4 dari 6 halaman

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat meditasi bagi kesehatan lainnya yang juga bisa didapatkan adalah kualitas tidur yang baik. Berbagai teknik meditasi dapat membantu menenangkan pikiran sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan kualitas tidur. Meditasi sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengalami insomnia.

8. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri

Persepsi seseorang terhadap rasa nyeri berhubungan dengan keadaan pikiran. Kondisi ini cenderung meningkat dalam keadaan stres. Salah satu cara yang bisa mengatasinya adalah meditasi.

Artikel Lainnya: Turunkan Risiko Penyakit Jantung dengan Meditasi

Sebab, manfaat meditasi dapat mengurangi persepsi nyeri di otak sehingga kualitas hidup akan lebih baik. Rutin bermeditasi sangat baik dilakukan oleh orang-orang dengan nyeri kronik sebagai tambahan terapi medis.

5 dari 6 halaman

9. Menurunkan Tekanan Darah

Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan darah yang tinggi menyebabkan jantung menjadi lebih sulit memompa darah dan berujung pada penurunan fungsi jantung.

Manfaat meditasi dapat membantu melemaskan saraf yang mengkoordinasikan tegangan pembuluh darah. Dengan demikian, tekanan darah turun dan beban jantung berkurang.

10. Membangun Pikiran Positif

Beberapa tipe meditasi bisa meningkatkan pikiran positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan meditasi secara rutin, seseorang dapat menumbuhkan rasa empati bagi orang lain. Semakin sering melakukan meditasi, maka pikiran positif yang terbangun juga akan semakin meningkat.

Demikian beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan. Jika Anda ragu atau terlalu sibuk untuk melakukan meditasi, sepertinya Anda harus berani untuk memulainya. Meditasi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan katanya, satu menit meditasi juga tak masalah, lho. Selamat mencoba!

Apabila masih punya pertanyaan mengenai topik ini atau masalah kesehatan, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 jam, atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar