Sukses

5 Manfaat Hebat Meditasi bagi Kehidupan Anda

Inilah manfaat yang Anda dapatkan apabila rutin meditasi.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda ragu atau terlalu sibuk untuk melakukan meditasi, sepertinya Anda harus berani untuk memulainya. Banyak studi menunjukkan bahwa rutin meditasi dapat membantu mengurangi stres, hingga meningkatkan kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain.

Berikut ini adalah manfaat meditasi yang bisa Anda dapatkan.

  • Meningkatkan fokus

Richard Davidson, seorang ahli saraf di University of Wisconsin, melakukan sebuah studi jangka panjang dengan membandingkan orang-orang yang telah bermeditasi selama bertahun-tahun dengan para pemula.

Temuannya mengungkapkan, saat dirinya mengejutkan dua kelompok orang—kelompok satu sedang bermeditasi, sedangkan yang lainnya tidak—dengan gangguan suara keras yang tiba-tiba, mereka yang telah lama melakukan meditasi tidak terganggu dengan hal ini ketimbang mereka yang baru memulai meditasi.

  • Mengurangi perasaan negatif

Banyak dari Anda yang melewati hari dengan pikiran-pikiran khawatir dan sebagainya. Namun, orang cenderung menyingkirkan pikiran negatif tersebut daripada mencoba memahaminya. Dengan bermeditasi, Anda akan terbantu untuk lebih menyadari apa yang sesungguhnya Anda rasakan dan pikirkan. Sehingga dapat mengurangi kekhawatiran yang berkecamuk.

Sebuah penelitian yang melibatkan hampir 3.000 orang menyebutkan, aktivitas meditasi dikaitkan dengan penurunan perasaan depresi, kecemasan, dan bahkan rasa sakit fisik.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Menaikkan daya ingat

Seseorang yang terbiasa meditasi memiliki perkembangan otak yang unik, khususnya di bagian otak yang mengatur kesadaran dan kontrol emosional.

Bahkan, pada orang yang baru melakukan meditasi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa praktik tersebut terkait dengan perubahan signifikan pada bagian otak yang berhubungan dengan memori, perspektif, dan kesadaran diri.

  • Memperkuat hubungan dengan orang lain

Seorang ahli saraf melakukan penelitian kepada mereka yang rutin melakukan meditasi dan mereka yang baru memulai meditasi. Hasilnya, mereka yang bermeditasi secara teratur mengalami peningkatan aktivitas di area otak yang berhubungan dengan empati. Sehingga mereka lebih dapat membaca dan memahami perasaan orang lain.  

Selain dapat menurunkan tekanan darah, para periset dari American Heart Association mengatakan bahwa meditasi dapat mengurangi kadar hormon stres yang menyebabkan peradangan dan masalah fisik.

Menurut master meditasi dari Tibet, Yongey Mingyur Rinpoche, meditasi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan katanya, satu menit meditasi juga tak masalah.

Kunci utamanya adalah fokus terhadap apa yang terjadi di kepala Anda. Alih-alih menyingkirkan pikiran dan emosi tersebut, cobalah untuk lebih menyadarinya dan perhatikan napas Anda. Jadi, jika ada yang mengatakan bahwa meditasi berarti mengosongkan pikiran, ini adalah pemahaman yang keliru. Selamat bermeditasi!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar