Sukses

Beginilah Cara Tepat Merawat Kuku Kaki Anda

Sudahkah Anda merawat kuku kaki dengan benar? Cek kiatnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kuku, terutama kuku kaki, adalah bagian tubuh yang paling sering diabaikan kebersihan dan kesehatannya. Padahal, sama seperti bagian tubuh lainnya kuku-kuku Anda juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit. Untuk itu, menjaga kebersihan kuku adalah satu hal yang wajib.

Sebagai bagian terbawah dari tubuh dan jarang terlihat karena tertutup sepatu, orang terkadang melupakan keberadaan kuku kaki. Padahal, kuku yang jarang dirawat bisa menyebabkan kotoran menumpuk dan bisa menjadi pemicu penyakit. Bahkan yang terburuk, Anda bisa mengalami infeksi di seputar jari kaki, seperti cantengan. Lalu bagaimana cara menjaga kuku kaki agar tetap sehat?

Sangat disarankan bagi Anda untuk rutin membersihkan kuku kaki dan selalu mencuci kaki usai beraktivitas. Selain itu, mengutip dari Men’s Health, sediakanlah selalu gunting kuku khusus kaki. Jangan lupa, Anda harus membedakan antara gunting kuku untuk jari tangan dan untuk jari kaki.

Hal ini mungkin terkesan boros dan menyusahkan, namun ada alasan di balik anjuran itu. Menurut Christopher R. Hood Jr., DPM, seorang ahli dari Orthopaedics and Sports Medicine di Pottstown, Penn, memisahkan penggunaan gunting kuku kaki dan tangan dapat mencegah penularan bakteri dari kuku kaki ke kuku tangan, dan sebaliknya.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa gunting kuku yang digunakan cukup higienis. Bersihkanlah gunting kuku Anda setiap selesai menggunakannya, agar bakteri tidak tertinggal di sana.

"Membersihkannya bisa semudah merendam gunting kuku dengan detergen atau sabun anti bakteri dengan air hangat atau panas selama 10 sampai 15 menit, lalu mengeringkannya sehingga tidak menjadi karatan," jelas Hood.

Meski harus selalu menjaga kebersihannya, namun Anda tidak perlu terlalu sering memotong kuku kaki. Sebab bagian ini cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh jika dibandingkan dengan kuku tangan.

"Secara umum, kuku di jari tangan tumbuh sekitar 2 sampai 3 milimeter (mm) per bulan, sementara kuku kaki tumbuh 1 sampai 2 milimeter per bulan,”ucap Hood.

Jika rutin membersihkannya, Anda akan tahu dan dapat memperkirakan kapan kuku perlu dipotong. Namun ingat, biasakanlah untuk tidak memotong kuku terlalu pendek. Karena pada dasarnya kuku berperan untuk melindungi jari-jari Anda.

1 dari 2 halaman

Cara memotong kuku yang benar

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, memotong kuku harus dilakukan sebelum mandi atau setelah mandi. Padahal, jawabannya adalah tergantung seberapa tebal kuku kaki Anda.

"Untuk kuku yang sangat tebal, mungkin lebih mudah memotongnya setelah direndam atau setelah mandi hangat dan beruap," kata Jeffrey D. Lehrman, DPM, dari Crozer-Keystone Health System.

Namun jika Anda merasa kuku kaki tidak terlalu tebal, Anda bisa memotongnya sebelum mandi. Karena air yang mengenai kuku Anda selama mandi dapat membuatnya lebih lunak dan mudah dilepaskan.

Nah memotong kuku pun sebaiknya dimulai dari sisi tepi jari. Hal ini untuk menghindari kuku tertinggal di ujung dan sulit untuk ditarik.

Menjaga kesehatan kuku kaki memang terlihat sepele, namun tetap membutuhkan kiat khusus agar kuku kaki Anda senantiasa sehat dan terbebas dari tumpukan bakteri. Yuk, rawat kuku kaki mulai dari sekarang!

[NP/ RVS]

1 Komentar