Diet dan Nutrisi

Ikan Besar Hasilkan Fish Oil Terbaik, Mitos atau Fakta?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 01 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ikan berukuran besar dipercaya menghasilkan minyak ikan terbaik. Benarkah?

Ikan Besar Hasilkan Fish Oil Terbaik, Mitos atau Fakta?

Kandungan gizi dalam ikan tak usah ditanyakan lagi. Tidak hanya sebagai sumber protein, ikan juga mengandung zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan (fish oil).

Omega-3 diketahui bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit jantung, mengurangi nyeri sendi pada radang sendi (artritis), dan menurunkan kadar kolesterol.

Untuk anak-anak, omega-3 bermanfaat bagi penglihatan dan perkembangan otaknya. Itulah sebabnya banyak ibu berlomba-lomba memberikan ikan pada anaknya untuk mendapatkan manfaat omega-3 yang terkandung di dalamnya.

Di antara banyak jenis ikan yang ada, ikan laut berukuran besar dipercaya mengandung minyak ikan terbaik, sehingga kandungan omega-3 yang diberikan pun banyak. Tapi, jangan buru-buru percaya seratus persen.

Faktanya, ikan berukuran besar berpotensi mengandung banyak merkuri. Merkuri adalah zat yang umumnya etrdapat di air dan tanah. Ikan mengandung merkuri karena hidup di laut yang telah terkontaminasi merkuri.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan merkuri sebagai salah satu dari sepuluh bahan kimia yang paling berbahaya bagi kesehatan. Merkuri dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti ginjal, kulit, mata, dan saluran pencernaan, serta menimbulkan gangguan saraf.

Beberapa contoh jenis ikan yang tinggi kadar merkurinya adalah ikan hiu, ikan todak (swordfish), ikan raja mackarel (king mackarel), dan ikan tuna jenis Albacore. Ikan-ikan tersebut tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terutama oleh ibu hamil dan anak-anak karena merkuri bisa mengganggu perkembangan janin dan menghambat perkembangan otak anak.

Kabar baiknya, tidak semua ikan mengandung merkuri yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang rendah kadar merkurinya adalah ikan tuna, ikan bilis (anchovy), sarden, dan patin. Ikan-ikan tersebut aman untuk dikonsumsi dan tetap memiliki minyak ikan serta omega-3 yang baik.

Untuk mendapatkan minyak ikan yang baik tak berarti harus mengonsumsi ikan laut yang besar dan mahal. Ikan yang mudah ditemukan sehari-hari pun memiliki kandungan omega-3, Anda pun tak perlu khawatir akan bahaya merkuri yang terkandung di ikan tersebut.

(DA)

MitosFaktaIkan BesarFish Oil

Konsultasi Dokter Terkait