Sukses

Tingkatkan Konsentrasi Anda dengan Menu Sarapan Ini

Sarapan apa yang tepat untuk menunjang aktivitas dan konsentrasi sepanjang hari?

Klikdokter.com, Jakarta Kemampuan konsentrasi yang menurun bisa mengganggu kinerja dan produktivitas Anda. Di kantor, Anda tentu akan sulit menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat, karena susah memusatkan pikiran. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi menu sarapan yang tepat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

Berdasarkan berbagai sumber, para ahli menyarankan untuk selalu menyertakan segelas jus apel dalam menu sarapan Anda. Buah apel banyak mengandung quercetin yang berfungsi sebagai antioksidan. Quercetin juga membantu menangkal zat kimia yang mungkin mengontaminasi dan mengganggu kesehatan otak. Dengan demikian, Anda tentu akan mudah fokus.

Di samping itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Cornell University, Amerika Serikat, menemukan bahwa quercetin ampuh dalam menjaga otak dari serangan radikal bebas. Serangan radikal bebas dapat merusak lapisan luar otak dan menyebabkan penurunan kemampuan kognitif. Penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa apel adalah pilihan makanan terbaik bagi otak.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda dapat mengonsumsi buah apel sekaligus bersama kulitnya. sebab, quercetin banyak terdapat di kulit apel.

Dalam sebuah buku berjudul 100 Simple Things You Can Do to Prevent Alzheimer’s and Age-Related Memory Loss disebutkan bahwa dalam setiap gelas jus apel terkandung acetylcholine. Acetylcholine merupakan zat kimia yang dapat menjaga memori otak. Menurut ahli, kandungan tersebut serupa dengan obat untuk penyakit Alzheimer.

Mulanya, khasiat apel untuk kesehatan otak memang terungkap dalam sebuah penelitian yang menghubungkan apel dengan masalah Alzheimer. Namun tak hanya membantu mencegah Alzheimer, peneliti juga menemukan kandungan buah apel yang bermanfaat untuk otak – termasuk menjaga memori dan meningkatkan konsentrasi.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi dua sampai tiga buah apel dalam satu hari. Sebagai variasi, Anda bisa mengolah apel menjadi jus.

Akan tetapi, Anda harus membuat jus apel tanpa gula untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bila jenuh, Anda dapat mencampur apel dengan mentimun, dan tambahkan sedikit jahe. Jadi, tambahkan apel dalam menu sarapan harian untuk meningkatkan konsentrasi Anda?

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar