Sukses

Bila Badan Sering Lelah, Anda Perlu Konsumsi Ini

Anda sering merasakan kondisi badan lelah? Jika ya, konsumsi makanan dan minuman ini untuk meningkatkan energi.

Klikdokter.com, Jakarta Pekerjaan menumpuk, pola makan berantakan, menyantap makanan sembarangan, olahraga berkurang, dan kualitas tidur menurun merupakan beberapa faktor yang membuat badan lelah. Kalau badan sudah lelah, produktivitas di kantor tentu akan anjlok.

Cara terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mendapatkan energi tambahan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan energi sepanjang hari.

1. Buah dan sayur

Makanan yang segar seperti buah dan sayur kaya akan nutrisi. Makanan segar juga mengandung nutrisi yang lebih banyak ketimbang makanan olahan. Untuk buah, Anda dapat mengonsumsinya di pagi hari sebagai pengganti sarapan. Sebab, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, buah merupakan sumber energi yang siap pakai.

Salah satu buah yang baik untuk tubuh adalah pisang. Sebuah penelitian membandingkan khasiat pisang dan minuman berenergi pada pengendara sepeda. Periset menemukan, pisang memberikan lebih banyak energi kepada pengendara sepeda. Pisang mengandung potasium, serat, vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tinggi. Tubuh akan mendapatkan suntikan energi saat makan pisang.

2. Minuman berkafein

Bila diminum pada waktu yang tepat, minuman berkafein seperti kopi dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu khasiat dari kopi yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, waktu terbaik untuk minum kopi yaitu sekitar pukul 9.30- 11.30, pukul 14.00- 16.00, atau di malam hari.

Anda justru perlu menghindari minum kopi di pagi hari, karena kafein di dalam kopi dapat mengganggu produksi hormon kortisol (berperan sebagai mood booster) di dalam tubuh.

3. Makanan mengandung protein

Jika keperluan energi tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak, protein dapat berfungsi sebagai sumber energi. Makanan sumber protein yaitu daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

4. Air putih

Menurut dr. Alvin Nursalim, minum air putih sebelum tidur dapat memulihkan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian penuh. Dengan demikian, Anda akan terbangun dengan energi penuh dan siap menjalani rutinitas kembali.

Jadi, itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi keluhan badan lelah. Agar tubuh mendapatkan energi optimal, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman di atas, disertai dengan olahraga dan tidur cukup.

[BA/ RVS]

1 Komentar

  • Safitri agustia

    dok..mau tanya...saya kerja sif. badan saya mudah capek sudah minum multivitamin tetap sering capek.. bahkan mata saya sering kabur dan kepala pusing...kenapa ya dok