Sukses

7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak Anda

Hindari beberapa kebiasaan ini agar otak Anda berfungsi dengan maksimal.

Klikdokter.com, Jakarta Otak merupakan organ yang sangat kompleks dan berfungsi dalam mengatur segala proses dalam tubuh. Akan tetapi, banyak orang tidak menyadari bahwa terdapat kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan otak. Berikut ini adalah kebiasaan yang dapat merusak otak Anda.

1. Tidak sarapan

Sarapan sangatlah penting karena bisa memengaruhi daya tahan dan emosional seseorang. Bahkan menurut dr. Karin Wiradarma, berdasarkan berbagai penelitian, anak-anak yang rutin sarapan memiliki konsentrasi, daya ingat, stamina, dan nilai matematika yang lebih baik ketimbang anak-anak yang jarang sarapan.

Nah, jika Anda tidak sarapan, tubuh akan menggunakan energi cadangan dan harus melakukan upaya ekstra untuk mempertahankan fungsinya dengan benar. Tidak sarapan dapat menyebabkan kekurangan energi, kehilangan konsentrasi, suasana hati yang buruk, serta menurunnya kinerja fisik dan intelektual.

2. Merokok

Merokok telah terbukti dapat memicu penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, serta mengganggu reproduksi DNA yang pada akhirnya menyebabkan sel kanker.

Di samping itu, kebiasaan merokok dapat mengurangi pasokan oksigen ke otak. Otak membutuhkan pasokan oksigen yang konstan, namun zat beracun pada asap rokok dapat mengganggu pengolahan oksigen ke sel sehingga menurunkan kerja otak.

3. Kurang waktu tidur

Supaya otak bekerja dengan optimal, otak membutuhkan waktu istirahat sekitar 8 jam. Dengan cukup istirahat, proses metabolisme akan terjadi secara maksimal dan pada akhirnya dapat menghasilkan banyak energi.

Mengurangi waktu tidur dapat mempercepat kematian sel di otak dan membuat Anda cepat lelah sepanjang hari.

4. Terlalu banyak makan

Mengonsumsi banyak makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan akumulasi zat residu dalam bentuk lemak dan pengerasan arteri serebral.

Arteri serebral adalah cabang dari arteri karotis kiri dan kanan yang bertugas untuk memberikan darah ke bagian frontal otak, yang mengontrol perilaku dan pikiran.

5. Konsumsi alkohol

Minuman beralkohol dapat merusak organ penting di dalam tubuh, terutama sistem saraf, hati, dan jantung. Selain itu, alkohol juga dapat memengaruhi reaksi kimia yang terjadi di otak.

Sering mengonsumsi alkohol berakibat membunuh neuron dan berkurangnya kecepatan transmisi impuls saraf.

6. Bekerja saat sakit

Memaksa otak bekerja saat sakit dapat mengurangi proses penyembuhan yang dilakukan tubuh. Hal ini juga sekaligus memperlemah sistem kekebalan tubuh dan memudahkan munculnya lebih banyak jenis penyakit.

7. Menutup kepala saat tidur

Tidur dengan kepala tertutup dapat meningkatkan konsentrasi karbon dioksida dan mengurangi jumlah oksigen dalam otak. Kebiasaan ini tentunya dapat membahayakan otak.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak Anda. Jangan lupa masukkan sayuran dan buah-buahan dalam menu harian untuk merangsang aktivitas otak. Konsumsi ikan yang kaya omega-3 juga penting karena dapat meningkatkan komunikasi antarneuron di otak.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar