Sukses

Manfaat Teh Basi untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sangka, ternyata teh basi juga memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Selain dikenal sebagai negara produsen kopi, Indonesia juga merupakan salah satu negara produsen teh terbesar di dunia. Tak heran, teh saat ini memiliki penggemarnya tersendiri dari berbagai usia.

Berbagai macam teh dengan beragam aroma dan rasa dapat dibeli dengan mudah dari pasar sampai hotel bintang lima. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa teh bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, menurunkan darah tinggi, relaksasi, dan baik untuk menjaga stamina tubuh sehari-hari.

Teh juga telah dibuktikan oleh teknologi kedokteran Barat dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh karena mengandung senyawa antioksidan yaitu polifenol dan flavonoid. Flavonoid yang paling poten disebut ECGC, ditelusuri dapat memberikan manfaat positif untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Selain itu, teh juga mengandung kafein dan teanin (theanine) yang bermanfaat untuk menstimulasi otak. Meski demikian, kafein yang terkandung dalam teh tidaklah sebanyak yang terdapat pada kopi, sehingga teh aman untuk dikonsumsi oleh Anda yang sensitif terhadap pengaruh kafein.

Namun, tidak semua tahu bahwa selain dikonsumsi ternyata ampas teh atau teh celup bekas yang dibiarkan basi pun tetap memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E di dalam teh terbukti ampuh untuk merawat wajah. Pengendapan ampas teh ini ternyata tidak merusak kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya.

Vitamin E memiliki efektifitas untuk mencerahkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Penggunaan teh basi layaknya skrub dapat dioleskan langsung ataupun dijadikan sebagai masker wajah.

Di samping itu, endapan air ini juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan akibat jerawat dan komedo. Memang di dunia kecantikan, penelitian mengenai hal ini sudah terbukti, namun para ilmuwan masih terus mengkaji untuk mencari tahu efek lain bagi kesehatan tubuh.

Meski terkesan sepele, teh basi ternyata masih memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Namun itu saja tidak cukup, pemakaian teh basi juga perlu diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan sehat, perbanyak minum air putih, dan olahraga secara teratur.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar