Sukses

Fakta di Balik Metode MPASI Baby Lead Weaning

Metode MPASI Baby Lead Weaning semakin digandrungi. Cari tahu fakta selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Baby Lead Weaning (BLW) merupakan salah satu metode MPASI atau Makanan Pengganti ASI, yang memperkenalkan makanan pada bayi untuk dimakan sendiri. Metode ini membuat si Kecil memegang kuasa penuh atas jenis dan jumlah makanan yang hendak ia makan.

Terkesan melatih sikap mandiri pada anak. Tapi tunggu dulu, sebaiknya Anda tidak terburu-buru memilih metode MPASI Baby Lead Weaning. Ini karena metode MPASI tersebut baru dapat efektif jika Anda memenuhi persayaratan di bawah ini:

  1. Jangan terapkan metode MPASI Baby Lead Weaning jika Anda tidak memahami kondisi fisik si Kecil. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak, guna mencari tahu apakah metode MPASI tersebut sesuai atau tidak untuk buah hati Anda.
  2. Meski metode MPASI Baby Lead Weaning memberikan kuasa penuh pada anak, Anda harus tetap mengawasinya secara langsung saat ia sedang menyantap makanannya.
  3. Metode MPASI Baby Lead Weaning baru dapat diterapkan jika:
    • Kepala anak sudah tegak, dapat duduk dengan bantuan.
    • Anak sudah mencoba meraih makanan saat orang lain sedang makan.
    • Membuka mulut saat disodori makanan.
    • Refleks menjulurkan lidah mulai berkurang.

     4. Pastikan makanan yang diberikan kepada anak memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

     5. Jangan menggunakan metode MPASI Baby Lead Weaning jika berat badan anak masih di bawah kurva pertumbuhan, atau jika anak Anda lahir secara prematur.

     6. Cek kadar zat besi anak Anda secara rutin.

Memilih metode MPASI yang akan diterapkan pada anak, baik itu Baby Lead Weaning atau lainnya, adalah hak Anda sepenuhnya. Akan tetapi, jangan sampai lupa bahwa Anda juga harus mempertimbangkan kecukupan gizi anak, dan keamanan metode MPASI yang dipilih. Ini karena MPASI berpengaruh langsung pada kecukupan gizi, yang nantinya menunjang pertumbuhan anak di masa emasnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar