Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Bahaya di Balik Penggunaan Kondom Kedaluwarsa

Bagaimana jika menggunakan kondom kedaluwarsa?

Klikdokter.com, Jakarta Menggunakan kondom saat berhubungan seksual biasa dilakukan untuk menghindari penularan penyakit kelamin hingga mencegah kehamilan yang tak diinginkan.  Namun, efektifitas kondom sebagai  ‘pelindung’ menjadi berkurang jika Anda memakai kondom yang kedaluwarsa.  Lalu adakah bahayanya menggunakan kondom yang telah habis batas penggunaannya?

Pada dasarnya, sebagai alat kontrasepsi, kondom dibuat dengan tujuan ‘melindungi’ pasangan dari hal yang tak diinginkan. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati, sejauh ini kondom telah terbukti dapat mencegah penularan penyakit seksual, termasuk HIV/AIDS.

Namun fungsi tersebut nyatanya dapat berbalik menjadi sesuatu yang ‘mengerikan’ jika digunakan dengan tidak sesuai. Salah satunya jika menggunakan kondom yang telah kedaluwarsa.

Mengutip dailymail, menggunakan kondom yang telah kedaluwarsa bisa menyebabkan karet – bahan dasar kondom – mengalami sobek dan bocor. Selain itu jika digunakan akan menyebabkan penggunanya mengalami iritasi kulit.

“Keefektifan (kondom kedaluwarsa) tidak dapat dijamin,” kata seorang pakar seksual pria, Dr. Paul Turek of The Turek Clinic di California seperti dikutip dari dailymail.

Anda bisa mengenali kondom yang telah kedaluwarsa dengan mengecek tanggal yang tertera pada kemasannya. Biasanya setiap kondom dapat bertahan setidaknya lima tahun setelah diproduksi.

Selain dari tanggal, Anda juga bisa melihat apakah karet telah terasa kering alias kehilangan pelumas yang biasanya terdapat di kondom. Jika kering, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menggunakannya.

Selain kurang efektif, kondom yang telah kedaluwarsa berpotensi mengiritasi kulit dan organ intim. Tak hanya itu, risiko penularan penyakit menular pun menjadi lebih tinggi dan kehamilan yang tidak diinginkan mungkin terjadi.

Kendati demikian, seorang ahli bernama Jessica O’Reilly, Ph.D., menyebut sah-sah saja untuk menggunakan kondom kedaluwarsa pada saat-saat tertentu. Hal ini, akan jauh lebih baik ketimbang sama sekali Anda tak menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Penggunaan kondom kedaluwarsa sedikit banyak dapat mengganggu kesehatan alat iritasi kulit dan alat reproduksi Anda. Oleh karena itu, sebelum membeli telitilah tanggal kedaluwarsa pada kemasan kondom, agar terhindar dari berbagai penyakit seksual.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar