Sukses

Tak Sengaja Menelan Rambut Saat Makan, Berbahayakah?

Apa yang terjadi pada tubuh saat Anda tidak sengaja menelan rambut yang terselip di dalam makanan?

Klikdokter.com, Jakarta Menemukan sehelai rambut di piring makanan bisa sangat mengganggu. Hal itu mungkin berpotensi menyebabkan Anda berhenti makan, mual, atau bahkan kehilangan selera makan untuk waktu tertentu. Selain itu, tidak sengaja menelan rambut yang ada pada makanan ternyata berdampak bagi kesehatan tubuh Anda.

Mengutip Medical Daily, menelan sehelai rambut sebenarnya tidak memiliki dampak yang signifikan bagi tubuh. Namun lain cerita jika hal itu terus berulang dan Anda menelan rambut dalam jumlah yang cukup banyak.

Anda perlu tahu bahwa rambut manusia memiliki kandungan kimia yang disebut keratin. Tubuh tidak dapat menghancurkan keratin, sehingga keratin akan termakan secara utuh dan masuk ke dalam tubuh. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Institute of Science, Technology, and Development Studies, New Delhi, bahkan menyebut bahwa rambut manusia bisa mengandung sejumlah zat kimia beracun.

Racun bisa disebabkan oleh sampo, cat rambut, dan lainnya. Jika tidak sengaja menelan rambut yang ada di dalam makanan, zat kimia beracun tersebut mungkin saja berpindah dan mencemari masakan yang akan disajikan.

Bakteri pada rambut manusia dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan. Yang paling buruk, rambut tidak akan tercerna, sehingga akan masuk dan mengendap di dalam tubuh. Jika terus-menerus dibiarkan, rambut-rambut tersebut akan membentuk ‘bola rambut’ yang bersarang di tubuh Anda.

Bahkan dalam kasus yang lebih ekstrem, ekor dari bola rambut itu mungkin akan sampai ke dalam usus kecil. Hal ini biasa terjadi pada orang yang mengalami Rapunzel Syndrome, yaitu sindrom membuat penderitanya terbiasa mencabut dan memakan rambut dari kepalanya sendiri.

Saat ekor dari bola rambut mencapai usus, satu-satunya cara medis yang harus ditempuh adalah melakukan operasi gastrostomi atau operasi enterotomi. Dalam prosedur ini, dokter membuka saluran pencernaan dan mengeluarkan bola rambut.

Pada salah satu wanita yang pernah terdiagnosis Rapunzel Syndrome ditemukan gumpalan rambut di lambung dan usus halus saat dilakukan prosedur pembedahan. Sebab, gumpalan rambut dalam saluran pencernaan menyebabkan sumbatan pada saluran pencernaan, bahkan perdarahan.

Jadi apakah tidak sengaja menelan rambut di dalam makanan berbahaya? Kalau hanya sehelai, jawabannya tentu tidak. Namun Anda perlu dan waspada jika jumlah rambut yang tertelan semakin banyak.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar