Sukses

Atasi Cacingan dengan Bahan Alami Ini

Apakah Anda mengalami cacingan? Cobalah beberapa bahan alami ini.

Klikdokter.com, Jakarta Cacingan merupakan penyakit yang biasa terjadi di daerah tropis dan sub-tropis. Penyakit ini biasanya meningkat ketika memasuki musim penghujan. Tidak hanya menjangkiti anak-anak, orang dewasa pun bisa menderita penyakit yang mengganggu kerja usus ini.

Bagi sebagian kalangan masyarakat, ada beragam bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah cacingan. Meskipun mungkin Anda termasuk pengguna bahan alami tersebut, usahakan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lalu bahan alami apa saja yang efektif untuk atasi cacingan?

1. Biji pepaya

Biji pepaya sangat bermanfaat dalam mengobati dan menghilangkan cacingan. Zat caricin yang terkandung di dalamnya efektif untuk menghilangkan cacing gelang.

2. Bawang putih

Bawang putih mentah memiliki asam amino mengandung belerang yang bersifat anti-parasit. Selain itu, sifat antibakteri, antijamur dan antiseptik di dalam bawang putih juga membuat tumbuhan ini efektif membunuh mikroba di dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah pada waktu perut kosong selama satu minggu adalah cara termudah untuk menyingkirkan semua jenis cacing usus.

3. Biji labu

Senyawa yang disebut cucurbitacin pada biji labu memiliki sifat anti-parasit. Pada gilirannya, kandungan ini akan memperkuat dinding usus sehingga mampu menyingkirkan cacing dari dalam tubuh.

Caranya, lumatkan dua sendok biji labu yang sudah dikupas dengan tiga gelas air mendidih. Minumlah jus biji labu dalam suhu normal.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Wortel

Wortel sangat bermanfaat dalam membunuh cacing pita dan parasit lainnya. Satu cangkir jus wortel yang diminum setiap pagi bisa membersihkan cacing dengan cepat.

Konsumsi wortel mentah diyakini bisa membantu tubuh menyingkirkan cacing yang ada di usus. Ini karena wortel kaya akan serat, sehingga bisa memperbaiki pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang bisa membantu membersihkan infeksi cacing kremi.

Cara penggunaannya mudah, cukup konsumsi satu sendok minyak kelapa murni setiap pagi.

Jangan anggap remeh penyakit cacingan, karena jika dibiarkan bisa menurunkan tingkat kesehatan secara signifikan. Segera tangani dengan bahan alami di atas. Namun jika tak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter. Di samping itu, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, agar cacingan ataupun penyakit berbahaya lainnya tidak menjangkiti Anda dan keluarga.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar