Sukses

Gigi Sensitif Tak Selalu karena Minuman Dingin

Meski dapat membuat gigi ngilu, tahukah Anda bahwa minuman dingin bukanlah penyebab utama dari gigi sensitif?

Klikdokter.com, Jakarta Gigi ngilu setelah mengonsumsi minuman dingin? Bisa jadi Anda adalah pemilik gigi sensitif. Meski dapat memicu rasa ngilu, tahukah Anda bahwa minuman dingin bukanlah penyebab utama gigi sensitif yang Anda alami?

Faktanya, gigi sensitif merupakan suatu keadaan ketika bagian dentin –yang merupakan jalan masuk menuju saraf gigi– kehilangan pelindung. Kondisi ini menyebabkan saraf gigi tidak terlindungi, sehingga paparan panas ataupun dingin dapat mencetuskan rasa ngilu yang terasa langsung “nyut” di gigi.

Meski dapat menjadi pencetus rasa ngilu, minuman dingin tak serta merta bisa disalahkan. Lalu, adakah hal lain yang bisa menjadi penyebabnya? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Cara menyikat gigi yang salah

Penyebab tersering gigi sensitif adalah penurunan gusi, yang membuat sebagian akar gigi terbuka. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras atau menyikat gigi dengan tenaga yang terlalu kuat.

  1. Gigi retak atau patah

Gigi yang mengalami retak atau patah akibat benturan, trauma atau kecelakaan, dapat mengakibatkan kejadian gigi sensitif.

  1. Bruxism

Ini adalah kebiasaan mengkertakkan gigi, yang membuat permukaan kunyah gigi geraham terkikis habis. Hal ini menyebabkan hilangnya enamel gigi, sehingga bagian dentin gigi terbuka. Alhasil gigi sensitif tidak bisa dihindari lagi.

  1. Penumpukan karang gigi

Karang gigi bisa terbentuk jika Anda kurang menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Cepat atau lambat, karang ini akan terus tumbuh sampai ke dalam gusi. Akibatnya terjadi perlekatan gusi ke gigi terlepas, dan menghasilkan rasa ngilu pada gigi.

Setelah mengetahui penyebab yang sebenarnya, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencegah agar keluhan tidak semakin parah. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala gigi sensitif, jangan ragu untuk segera menemui dokter gigi agar menemukan solusi yang pasti.

Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan sendiri di rumah. Ini karena gigi sensitif dapat kembali terjadi jika Anda tidak melakukan tindakan lanjutan.

Untuk perawatan di rumah, Anda dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang tepat. Salah satu pasta gigi yang bisa Anda coba adalah Sensodyne® Repair & Protect.

Sensodyne® Repair & Protect bekerja lebih efektif dalam memberikan perlindungan untuk gigi sensitif, sehingga membantu mengatasi rasa ngilu agar tidak datang lagi.

Sensodyne® Repair & Protect tersedia dalam tiga varian:

  1. Sensodyne® Repair & Protect
  2. Sensodyne® Repair & Protect Whitening
  3. Sensodyne® Repair & Protect Extra Fresh

Gigi sensitif membuat Anda tidak dapat menikmati kebersamaan dengan orang terdekat. Untungnya, Sensodyne® Repair & Protect dapat membantu Anda melalui itu semua.

Yuk, jaga terus kesehatan gigi Anda menggunakan Sensodyne®. Dengan begitu, aktivitas Anda tidak akan terganggu rasa ngilu akibat gigi sensitif, yang sering datang tanpa diundang.

(NB/ RH)

1 Komentar

  • Dapi Noerman

    siang dok...saya mau tanya pantat/ bokong dan urat betis pada sakit terasanya saat kita mau rukuk sholat dan bangun tidur...mohon pencerahan nya tetima kasih Dapi Noerman