Sukses

Tips Atasi Post Baby Bumps atau Perut Buncit Setelah Melahirkan

Post baby bumps atau perut buncit setelah melahirkan dapat sangat mengganggu penampilan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara ini.

Hamil dan melahirkan adalah proses panjang yang melelahkan. Bahkan, setelah si Kecil lahir ke dunia, perjuangan pun masih belum selesai. Anda masih harus menghadapi masa menyusui dan MPASI. Belum lagi, Anda juga harus mengembalikan perut buncit setelah melahirkan ke kondisi sedia kala.

Perlu diketahui, medis menyebut perut buncit usai melahirkan dengan istilah post baby bumps. Secara umum, kondisi ini tidak begitu mengganggu kesehatan, namun dapat sangat menurunkan penampilan dan rasa percaya diri.

 

1 dari 3 halaman

Apa Penyebab Post Baby Bumps?

Faktanya, post baby bumps adalah kondisi yang terjadi secara normal dan merupakan bagian dari perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan.

Selama hamil, Anda dituntut untuk meningkatkan berat badan guna menunjang segala kebutuhan janin di dalam perut.

Berat badan yang naik saat hamil pun terjadi karena penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu, penumpukan cairan, dan janin yang terus tumbuh seiring bertambahnya usia kehamilan.

Janin dalam rahim yang semakin besar menyebabkan rahim juga melebar dan menekan jaringan disekitarnya, termasuk otot perut. Selain itu, hormon kehamilan juga membuat jaringan ikat seperti otot perut dan kulit menjadi lebih elastis.

Semua proses itulah yang menjadi penyebab perut buncit setelah melahirkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

Tentu saja, kondisi perut yang terlanjur buncit tersebut dapat pula dikembalikan lagi seperti sedia kala; menjadi rata dan enak dipandang.

Artikel Lainnya: Ibu, Ini Lo 8 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Usai Melahirkan

Berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan yang dapat Anda jadikan pilihan:

  • Menyusui

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ibu menyusui dapat membakar hingga 500 kilokalori per harinya.

Jika Anda menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan si Kecil, jumlah kalori yang dibakar tentu sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, hormon oksitosin yang berfungsi mengeluarkan ASI dari payudara juga dapat berperan dalam kontraksi otot rahim. Hal ini menyebabkan rahim mengecil dan mengurangi perut buncit usai melahirkan.

  • Aktif Bergerak

Saat kembali merasa fit setelah melahirkan, mulailah untuk aktif bergerak. Anda dapat melakukan jalan pagi atau naik turun tangga. Sering menggendong anak dan mengajak berjemur sambil jalan santai juga dapat membantu untuk mengecilkan perut usai melahirkan.

Setelah 6-8 minggu usai melahirkan, kemungkinan Anda sudah dapat kembali berolahraga. Jika ingin lebih pasti, konsultasikan terlebih dahulu masalah ini dengan dokter kandungan yang merawat Anda.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit pasca melahirkan, misalnya jogging, jalan cepat, berenang, yoga, pilates, sit-up, dan plank.

Artikel Lainnya: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Pasca Persalinan

  • Makanan Bergizi Seimbang

Anda wajib mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, cairan, serat, mineral dan vitamin dengan jumlah yang cukup dan seimbang setiap hari.

Hal yang perlu diperhatikan selama program mengecilkan perut adalah memperbanyak konsumsi sayur sebanyak 3-5 kali setiap hari. Hindari pula makanan tinggi gula, minyak, dan garam, ya!

  • Tidur yang Cukup

Sebisa mungkin, atur waktu sedemikian rupa agar Anda bisa mendapatkan waktu tidur selama 6 jam dalam satu hari. Pastikan pula tidur Anda nyenyak dan berkualitas.

Jika kurang tidur, Anda akan mudah stres dan cenderung menambah berat badan.

  • Kelola Stres dengan Baik

Jika Anda stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang akan meningkatkan produksi lemak, kolesterol, gula, dan asam lambung dalam tubuh.

Karenanya, pastikan untuk mengelola stres dengan baik. Beberapa cara yang bisa dicoba, yaitu meditasi, yoga, melakukan hobi yang disenangi, atau sekadar mengajak buah hati Anda berbicara dari hati ke hati.

Satu hal yang perlu diingat, waktu mengecilkan perut pada setiap ibu dapat berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi genetik, bentuk, ukuran, kenaikan berat badan, dan seberapa sering Anda berolahraga selama hamil.

Post baby bumps merupakan suatu kondisi yang normal, namun diperlukan kesabaran dan keinginan yang kuat agar tubuh kembali seperti sedia kala.

Jika upaya Anda mengecilkan perut yang buncit usai melahirkan terkendala, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar