Sukses

Baca Kondisi Kesehatan Anda dari Bagian Tubuh yang Bengkak

Jika Anda mengalami beberapa perubahan tubuh mendadak seperti terjadinya bengkak, bisa jadi itu adalah tanda adanya sebuah penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkan Anda mengalami perubahan tubuh secara mendadak? Tanpa mengetahui apa penyebabnya, tubuh menjadi bengkak dan memiliki beberapa keanehan. Hati-hati, bisa jadi itu adalah tanda awal adanya penyakit. Perubahan yang terjadi merupakan cara tubuh untuk memberi tahu Anda bahwa ada yang tak beres pada kesehatan tubuh Anda.

Mengutip dari Brightside, kondisi fisik yang berubah menjadi bengkak di beberapa bagian tubuh merupakan tanda awal datangnya penyakit, seperti penyakit ginjal, jantung hingga dehidrasi. Pembengkakan ini disebabkan oleh akumulasi cairan dalam tubuh. Berikut ini adalah tanda-tanda Anda akan mengalami perubahan tubuh seperti pembengkakan:

1. Terlalu banyak garam

Mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih telah terbukti dapat merusak kesehatan. Selain itu, garam yang dikonsumsi dalam jumlah banyak pun dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan dan menyebabkan tubuh bengkak di beberapa bagian.

Jika suatu saat Anda mengenakan cincin, kemudian ada bekas bengkak yang tertinggal di jari, bisa jadi itu adalah salah satu tanda adanya penyakit. Bengkak di kaki setelah mengenakan kaus kaki pun biasanya berkaitan dengan kondisi ini.

2. Perubahan hormon

Salah satu penyebab timbulnya bengkak di tubuh adalah kegagalan hormonal. Kondisi ini dapat memicu akumulasi cairan di dalam tubuh. Tanda yang muncul adalah bengkak pada kaki dan beberapa anggota tubuh lain. Bahkan, bagian perut yang terlihat lebih bengkak juga mungkin disebabkan oleh hormon tersebut.

Untuk mengurangi pembengkakan akibat hal ini, ubahlah pola makan Anda. Perbanyak Konsumsi makanan kaya protein dan kurangi jumlah makanan manis, pedas dan asin.

3. Masalah ginjal

Bagian tubuh yang bengkak juga bisa jadi tanda ada masalah dengan ginjal Anda. Biasanya bengkak akan terjadi di bagian wajah dan terlihat jelas di pagi hari. Pada umumnya juga akan timbul gejala lain yang mengikuti kondisi ini, seperti rasa sakit yang tak tertahankan di sekitar punggung Anda serta perubahan warna urine.

Jika Anda ragu atau merasa curiga, segera lakukan pemeriksaan untuk menemukan penyakit Anda yang sebenarnya.

4. Risiko penyakit jantung

Punggung kaki yang bengkak biasanya merupakan tanda awal penyakit jantung. Apalagi jika disertai dengan rasa sakit di sekitar dada dan mudah lelah. jika Anda merasa kelainan yang terjadi mengarah ke penyakit tersebut, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter.

5. Dehidrasi

Pada tahap awal dehidrasi, tubuh Anda mulai  menumpuk cairan untuk digunakan nanti. Akibatnya, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan bagian bawah perut Anda bisa menjadi bengkak. Untuk menghindarinya, pastikan kebutuhan air harian Anda cukup setiap harinya. Namun perlu diingat bahwa bengkak yang terjadi tidak melulu tanda dari penyakit-penyakit tersebut.

Lima kondisi bengkak di atas jika terjadi secara mendadak bisa jadi sebuah tanda timbulnya sebuah penyakit di tubuh Anda, Untuk memastikannya, segera konsultasikan ke dokter dan selalu terapkan pola hidup sehat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar