Sukses

3 Cara Efektif Atasi Sindrom Minggu Malam

Cemas menghadapi hari Senin? Bisa jadi Anda mengalami sindrom minggu malam! Ini cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Malam di hari Minggu kerap menjadi saat-saat kritis, dimana seseorang mulai merasa cemas karena rutinitas yang padat telah menantinya esok hari. Perasaan cemas ini sering disebut sebagai Sindrom Minggu Malam atau Sunday Night Blues.

Sindrom Minggu Malam sebenarnya bukanlah sebuah istilah baku dalam dunia kedokteran. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan perasaan melankolis, yang biasanya dialami seseorang di hari minggu malam. Perasaan sedih ini timbul karena kebebasan akhir pekan yang dirasa akan segera berakhir.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Berikut 3 cara yang bisa dicoba untuk mengatasi Sindrom Minggu Malam:

1. Selesaikan pekerjaan

Jika mungkin, selesaikan kewajiban Anda pada minggu tersebut di hari Jumat. Hindari meninggalkan pekerjaan di akhir pekan, agar Anda tidak merasa terbebani saat akan kembali ke rutinitas di hari Senin.

2. Persiapkan Senin Anda

Tergesa-gesa mempersiapkan kebutuhan untuk hari Senin akan membuat Anda panik dan cemas. Karena itu, jika pekerjaan minggu sebelumnya telah selesai, sempatkan diri mempersiapkan kebutuhan untuk hari Senin berikutnya.

Persiapkan dokumen, tas, bahan presentasi, dan hal-hal lainnya di hari Jumat malam, sehingga Anda dapat berakhir pekan dengan tenang.

3. Jauhkan pekerjaan dan rencanakan akhir pekan

Setelah semua persiapan awal minggu selesai, tutup mata dan telinga Anda dari hal-hal yang berbau pekerjaan. Maksimalkan akhir pekan Anda dengan melakukan hobi dan relaksasi yang menyenangkan. Jika mungkin, rencanakan apa saja yang akan dilakukan di akhir pekan tersebut, agar Anda tidak kalap dan merasa akhir pekan telah habis begitu saja.

Jika mengalami Sindrom Minggu Malam atau Sunday Night Blues terus-menerus, pastikan Anda mengevaluasi diri lebih dalam. Temukan sesuatu yang membuat Anda ‘tersangkut’, sehingga tidak bisa menikmati akhir pekan. Di samping itu, pastikan Anda selalu menjaga kesehatan jiwa dan raga dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar