Sukses

Inilah Bahaya Overdosis Kafein pada Tubuh

Seorang siswa di Amerika Serikat meninggal akibat overdosis kafein. Bagaimana sebenarnya kafein dalam jumlah besar menyebabkan kematian?

Klikdokter.com, Jakarta Kafein merupakan substansi yang dapat merangsang sistem saraf pusat, sehingga dalam jumlah besar dapat menimbulkan gangguan pada tubuh, seperti gangguan irama jantung. Kadar kafein mematikan menurut penelitian adalah sekitar 5-10 gram bagi seorang dewasa yang sehat.

Sebagai ilustrasi, segelas kopi hitam yang biasa Anda beli dari coffee shop biasanya memiliki kandungan kafein sekitar 200-300mg. Dengan jumlah ini, Anda perlu meminum 15-30 gelas kopi tersebut dalam waktu singkat untuk mencapai dosis mematikan dari kafein.

Seiring berjalannya waktu, dampak dari khasiat kafein dapat membuat aktivitas lebih bersemangat, masyarakat mulai berpaling ke sumber kafein yang lebih tinggi kadarnya.

Tak puas dengan kopi dan teh, tak sedikit masyarakat mulai mengonsumsi minuman energi, kafein bubuk, dan berbagai produk lain hanya untuk memenuhi “kebutuhan” kafeinnya. Produk-produk tersebut memberikan kelebihan konsumsi kadar kafein yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat dengan risiko yang juga lebih fatal.

Kafein sebabkan kematian

Kafein merupakan substansi yang dapat memicu sistem saraf pusat. Obat-obatan yang mengandung kafein digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan daya ingat.

Dalam kadar tinggi yang tidak terkontrol, kafein dapat mengganggu sistem saraf dan menyebabkan berbagai gangguan mulai dari yang ringan hingga berat. Kelebihan kafein, dapat menyebabkan sakit kepala, mual muntah, hingga gangguan berat seperti kejang dan gangguan irama jantung.

Selain gangguan kesehatan yang bersifat akut, konsumsi kafein tinggi secara reguler dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Terlebih jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi kafein, kadar overdosis kafein Anda bisa jadi lebih rendah dibandingkan dengan orang lain yang telah terbiasa mengonsumsi kafein.

Kadar aman untuk orang dewasa yang sehat adalah sekitar 400 mg per hari. Sedangkan, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar anak usia 12-18 tahun tidak mengonsumsi lebih dari 100 mg kafein per hari.

Tak perlu khawatir mengonsumsi makanan dan minuman berkafein. Bila dalam dosis yang wajar Anda akan terhindar dari overdosis kafein. 

[DA/ RVS]

1 Komentar