Sukses

6 Kiat Sederhana agar Sendi Sehat Setiap Saat

Ingin sendi sehat hingga tua? Ini rahasianya untuk Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Sendi merupakan salah satu organ tubuh yang akan mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia. Padahal, organ tubuh yang satu ini sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari

Tenang, tidak perlu khawatir. Anda bisa memiliki sendi yang sehat hingga tua dengan cara berikut ini:

1. Latihan penguatan otot

Otot bertindak seperti peredam kejut di tubuh, dan membantu menstabilkan serta melindungi sendi. Gerakan penguatan otot seperti latihan ringan bisa sangat menunjang kesehatan sendi dan tulang. Bersepeda adalah salah satu latihan ringan, yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi hingga tua nanti.

2. Menggerakkan seluruh anggota tubuh

Menggerakan tubuh dan sendi setiap hari adalah cara yang baik untuk melumasi sendi secara alami. Masukkan 5-10 menit gerakan mobilitas sendi setiap pagi.

3. Body rolling

Stres yang dialami sendi dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kekuatan otot. Body rolling dengan roller busa bisa sangat membantu dalam mengatasi ketidakseimbangan tersebut.

4. Akupunktur

Akupunktur adalah bentuk pengendalian nyeri yang sangat efektif. Pertama, tindakan ini membantu tubuh memproduksi senyawa endorfin, yang membuat Anda merasa nyaman dan terhindar dari nyeri. Kedua, akupunktur juga berfungsi untuk mengaktifkan otot yang pada akhirnya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi relaks.

5. Pijat

Pijat merupakan tindakan untuk manipulasi jaringan yang melibatkan tekanan, ketegangan, dan gerakan. Tindakan ini bisa dilakukan secara manual, menggunakan tangan, jari tangan, siku; atau dengan alat bantu mekanis. Pijat sangat bagus untuk membantu mengurangi ketegangan otot dan sakit sendi.

6. Yoga atau pilates

Kekuatan diafragma berhubungan dengan kekuatan otot, terutama otot sekitar perut. Bila inti otot kuat, postur dan gerakan tubuh akan membaik karena menurunnya tingkat stres pada sendi. Yoga dan pilates adalah aktivitas yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot inti, dan membantu mendukung stabilitas sendi.

Ingatlah bahwa sendi adalah anggota tubuh yang sangat vital, dan perlu dijaga kesehatannya sepanjang masa. Dengan demikian, Anda akan dapat melakukan segala aktivitas meski usia sudah senja.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar