Sukses

Olahraga Sederhana Ini Bikin Anda Panjang Umur

Memiliki tubuh yang sehat dapat membuat Anda lebih panjang umur. Lakukan olahraga ini untuk mewujudkannya!

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit terbukti dapat membuat hidup seseorang lebih berkualitas, bahkan lebih panjang umur. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan rutin berolahraga.

Namun, jangan khawatir jika Anda tak memiliki cukup waktu untuk pergi ke gym. Olahraga sederhana ini ternyata cukup ampuh untuk membuat Anda lebih panjang umur. Apa itu?

Periset dari American Cancer Society menemukan bahwa olahraga sederhana seperti berjalan kaki ampuh untuk membuat Anda lebih sehat. Rutin berjalan kaki dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, terutama pada orang tua.

Para ahli mendapatkan bahwa rutin berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan kanker payudara hingga kanker usus besar. Selain itu, berjalan kaki juga disebut dapat memperbaiki masalah insulin, kolesterol, hingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine tahun 2017  juga menemukan hubungan yang kuat antara berjalan kaki dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit pernapasan.

Artinya, semakin sering Anda berjalan, maka akan semakin banyak manfaatnya. Peneliti pun menyebutkan bahwa orang yang berjalan kaki, sekalipun tidak terlalu banyak, masih lebih baik dan memiliki manfaat penurunan risiko penyakit dibanding yang tidak melakukan olahraga ini.

Selain mencegah penyakit, rutin berjalan kaki juga dikaitkan kesehatan mental yang lebih baik dan meningkatkan fungsi kognitif. Berjalan kaki pun sangat direkomendasikan bagi Anda yang tengah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Pasalnya selain ampuh mengusir penyakit, berjalan kaki adalah jenis latihan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan alat bantu khusus apalagi biaya berlebih untuk melakukannya. Anda dapat melakukannya kapanpun dan di manapun. Bahkan jenis olahraga ini juga cukup ramah bagi orang tua.

Kiat agar berjalan kaki lebih menyenangkan

Mungkin gerakan dari berjalan kaki yang begitu-begitu saja membuat tak banyak orang tertarik untuk melakukannya. Padahal jika Anda membiasakan berjalan kaki, ada banyak manfaat kesehatan yang menunggu. Anda juga akan berkontribusi menjaga kesehatan udara di lingkungan Anda, sebab tak perlu lagi ada polusi udara dari asap kendaraan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh peneliti Universitas Stanford, Amerika Serikat, menempatkan Indonesia sebagai negara yang penduduknya malas jalan kaki. Dalam survei tersebut, Indonesia berada di peringkat 31 dari 46 negara yang penduduknya sering berjalan kaki.

Nah, agar berjalan kaki jadi lebih menyenangkan, cobalah untuk melakukannya dengan teman atau pasangan Anda. Sehingga Anda tak akan terlalu merasa bosan. Atau Anda bisa mencoba untuk mendengarkan musik selama berjalan kaki. Musik bisa membantu Anda lebih rileks dan dapat mengontrol tempo berjalan yang Anda ambil.

Sederhana, bukan? Yuk, rutin olahraga dengan berjalan kaki agar hidup lebih berkualitas. Panjang umur adalah bonus yang akan Anda dapatkan dari pola hidup sehat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar